Banner
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 444569
Pengunjung : 129936
Hari ini : 12
Hits hari ini : 14
Member Online : 39
IP : 18.221.41.214
Proxy : -
Browser : Gecko Mozilla
:: Kontak Admin ::

alanrm82    
Agenda
06 May 2024
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

RKAS SMK Amsir 1 Parepare Tahun 2013

Tanggal : 28-01-2013 13:01, dibaca 127261 kali.
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

Dalam rangka melaksanakan operasional sekolah yang berpijak pada prinsip pengelolaan secara transparan dan akuntable, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Amsir 1 Parepare merasa perlu menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Dengan adanya rencana ini, diharapkan SMK Amsir 1 Parepare mampu bersaing baik tingkat lokal maupun tingkat nasional.

Sebagaimana diketahui bahwa tujuan SMK Adalah menyiapkan tenaga kerja yang terampil untuk mengisi keperluan pembangunan, merubah status siswa dari beban menjadi asset bangsa. Oleh karena itu SMK diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang profesional dan dapat diandalkan sebagai faktor keunggulan menghadapi persainagan global.

Mengacu pada tujuan Sekolah Menengah Kejuruan dan Tuntutan Globalisasi, SMK Amsir 1 Parepare akan selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh sehingga tamatan mampu bersaing di pasar tenaga kerja.

Akhirnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ini, disampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, dan tak lupa mengucapkan terima kasih.

 

SISTEMATIKA RKAS

 

Halaman  Pengesahan

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB  I    PENDAHULUAN

  1. Latar belakang 
  2. Tujuan Situasional dan Sasaran
  3. Landasan hukum
  4. Sistematika penyusunan program

BAB  II   GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH

  1. Kondisi Pendidikan Saat Ini
  2. Kondisi Pendidikan satu tahun kedepan
  3. Identifikasi tantangan nyata

BAB  III  ANALISIS SWOT

  1. Analisis SWOT Internal  dan Eksternal
  2. Alternatif Langkah-Langkah Pemecahan Persoalan

BAB  IV    VISI, MISI, DAN PROGRAM STRATEGI

  1. Visi Sekolah
  2. Misi Sekolah
  3. Tujuan
  4. Program Strategi

BAB  V     PROGRAM KEGIATAN DAN RENCANA PELAKSANAAN

  1. Evaluasi Ketercapaian Program Kegiatan Tahun Sebelumnya
  2. Prioritas Rencana Kegiatan satu tahun kedepan
  3. Rencana Pelaksanaan Program
  4. Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah

BAB  VI    SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI

  1. Supervisi
  2. Monitoring
  3. Evaluasi

BAB  VII   PENUTUP

 

 

BAB  I

PENDAHULUAN

 

  1. A.      LATAR BELAKANG

STM/SMK Amsir 1 Parepare awal berdirinya pada tanggal 01 Januari 1959 dengan status Berbantu. Sesuai perkembangannya sejak tahun 1965 berubah status berbantuan menjadi status bersubsidi sesuai SK Menteri Pendidikan No. 1238/BS/B.II, tanggal 10 Februari 1965, pada tangga 01 Februari 1986 statusnya berubah menjadi Diakui dan yang terakhir pada tanggal 01 Desember 2000 hingga sekarang Statusnya Disamakan. Perjalanan sebagai lembaga pendidikan STM/SMK Amsir 1 Parepare sejak tahun 1966 hingga tahun 2012 telah menamatkan Siswa/Siswi ± 5.000 lulusan.

Kemajuan pembangunan bidang pendidikan harus melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk Alumni, karena alumni adalah bagian yang tak terpisahkan dengan sekolah sebagai almamaternya. Alumni sebagai unsur yang berpotensi untuk dapat dilibatkan dan diberdayakan dalam proses pengembangan sekolah, yang selama ini pada umumnya sekolah belum melibatkan secara langsung, padahal alumni sebagai bagian dari masyarakat yang ikutserta bertanggungjawab dalam pengelolaan pendidikan.

Road Map Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2006-2010 ditetapkan program-program pembangunan dan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan secara bertahap dan berkesinambungan, dengan prioritas pembinaan dan pengembangan diarahkan pada :

  1. Perluasan dan Pemerataan Akses SMK dengan membangun sekolah baru, penambahan ruang kelas baru, rehab bangunan, dan meningkatkan daya tampung yang sudah ada melalui pendekatan pengelolaan yang lebih efektif dan efisien;
  2. Meningkatkan Mutu, Relevansi, dan daya saing SMK dengan mengembangkan sejumlah SMK SBI, SMK SSN, revitalisasi peralatan, dan pengadaan sarana prasarana pembelajaran lainnya;
  3. Meningkatkan Manajemen SMK dengan menerapkan Prinsip Good Governance yang mengacu ISO 9001:2000.

SMK Amsir 1 Parepare merupakan institusi pendidikan yang mengembang misi pengembangan tenaga kejuruan tingkat menengah terus-menerus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan lulusannya. Dengan motto “Bukan Sekedar Mendidik” SMK Amsir 1 terus berupaya menciptakan suasana yang kondusif dan mendukung hal tersebut.

Pendidikan yang berlangsung dimasyarakat mengalami perubahan amat cepat, oleh karena itu harus dikelola dinamis, kreatif dan inovatif. Paradigma baru dan konsep baru untuk menyempurnakan pendekatan pengembangan pendidikan yang sudah dilaksanakan selama ini, sehingga  pendidikan menjadi lebih efektif dan dapat mensejahterakan masyarakat bangsa dan negara.  Untuk mendukung pradigma baru tersebut SMK Amsir 1 berupaya melakukan inovasi pada sistim pendidikannya dengan penerapan CBT, CBA dan CBC sebagai suatu Kerangka Kualitas Kerja. Peningkatan Kualitas tersebut didukung pula dengan pengadaan fasilitas yang menunjang untuk menyiapkan suatu program keahlian yang berstandar nasional maupun Internasional.

Untuk memenuhi hal tersebut SMK Amsir 1 telah berupaya menggandeng pihak lain dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan sistim pendidikan baik dalam lingkup regional, nasional maupun internasional.

  1. B.      TUJUAN SITUASIONAL DAN SASARAN

Tujuan utama penyusunan RKA SMK Amsir 1 Parepare adalah agar mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan sehingga tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah dapat dicapai. Oleh karena itu tujuan situasional dan sasaran SMK Amsir 1 Parepare adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan rata-rata pencapaian KKM semua mapel dari 70 menjadi 80
  2. Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 8,31 menjadi 9,00
  3. Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUS dari 7,95 menjadi 8,50
  4. Meningkatkan Perolehan jumlah kejuaraan dari 1 jenis/bidang menjadi 5jenis/bidang pada tk kabupaten (olahraga)
  5. Meningkatkan Persentase kelulusan dari 99 % menjadi 100%
  6. Meningkatkan Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dari 50% menjadi 80%
  7. Tersusunnya Buku Revisi KTSP untuk masing-masing kompetensi keahlian
  8. Tersusunnya silabus dari 90 % menjadi 100% mapel
  9. Tersusunnya RPP dari 90% menjadi 100% untuk semua mapel.
  10. Tersusunnya pemetaan SK dan KD dari 60% menjadi 100%
  11. Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar oleh guru dari 80% menjadi 100%
  12. Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa dari 60% menjadi 80%
  13. Meningkatkan Penerapan CTL dengan menggunakan multi media dari 60% menjadi 100 %
  14. Meningkatkan Penerapan pembelajaran tuntas dari 50% menjadi 100%
  15. Meningkatkan Penerapan PAIKEM/PAKEM dari 50% menjadi 70%
  16. Meningkatkan Variasi model penilaian dari 50 % menjadi 70% variatif
  17. Meningkatkan Pengolahan/analisis hasil penilaian berbasis TIK dari 50% menjadi 80%
  18. Meningkatkan kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi minimal 2 kali/tahun
  19. Memiliki tim khusus untuk kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
  20. Meningkatkan kemampuan kewirausahaan dari 80 % menjadi 85%baik
  21. Meningkatkan kemampuan pengelolaan administrasi sekolah/keuangan dari 60% menjadi 100%
  22. Memiliki ruang selain ruang kelas yang standar
  23. Melengkapi sarana dan prasarana laboratorium komputer
  24. Memiliki Jaringan internet yang terkoneksi dengan semua instalasi sekolah, PAS, dan SIM berbasis TIK
  25. Meningkatkan sarana dan prasarana olah raga
  26. Memiliki Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) untuk sekolah standar nasional
  27. Meningkatkan pemberdayaan Komite Sekolah
  28. Meningkatkan Frekuensi dan kualitas ulangan harian minimal sebanyak jumlah KD pada masing-masing mata pelajaran
  29. Meningkatkan kualitas Ulangan tengah semester/ulangan akhir semester/ulangan kenaikan kelas dari 95% menjadi 100% baik
  30. Meningkatkan Kesadaran budaya bersih dari 70% menjadi 100%
  31. Meningkatkan Kesadaran warga sekolah dalam mentaati peraturan 80%menjadi 100%
  32. Meningkatkan pemeliharaan dan pembenahan taman 10% menjadi 20% dari lahan kosong.
  33. Meningkatkan budaya islami dengan mengembangkan kegiatan baca Al-qur’an
  34. Meningkatkan kenyamanan ruang kelas dan ruang pendukung lain

 

  1. C.      LANDASAN HUKUM

 

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,
  2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,
  5. Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal,
  6. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010 - 2014.

 

 

  1. D.      SISTIMATIKAN PENYUSUNAN PROGRAM

Sistematika penyusunan program SMK Amsir 1 Parepare, adalah sebagai berikut :

  1. terpadu, mencakup perencanaan keseluruhan program yang akan dilaksanakan oleh sekolah,
  2. multi-tahun, mencakup periode empat tahun,
  3. multi-sumber, mengindikasikan jumlah dan sumber dana masing-masing program. Misalnya dari BOS, BOP, APBD, DEKON, APBN, dan sumbangan darimasyarakat atau sumber dana lainnya,
  4. berbasis kinerja, adalah semua program/kegiatan memiliki indikator-indikator yang harus dicapai dengan jelas,
  5. disusun secara partisipatif oleh kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah dan dewan pendidik dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya,
  6. mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa ke dalam program dan kegiatan sekolah/madrasah,
  7. sensitif terhadap isu jender, adalah adanya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam penyusunan program,
  8. responsif terhadap keadaan bencana, menunjukan daya tanggap sekolah/madrasah terhadap kemungkinan terjadinya bencana, dan
  9. pelaksanaannya dimonitor dan dievaluasi oleh komite sekolah/madrasah dan pemangku kepentingan lainnya.

 


 

BAB  II

GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH

 

  1. A.   KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Pendidikan di kota Parepare khususnya jenjang SMK telah melaksanakan kurikulum KTSP untuk Semua Kompetensi Keahlian baik pada tingkat X, XI dan XII yang menitikberatkan pengembangan kompetensi peserta didik yang dapat dan mampu mengembangkan kemampuan dirinya pada kehidupan sehari-hari (life skill). Saat ini SMK Amsir 1 Parepare menekankan proses belajar mengajar yang diharapkan oleh masyarakat dan pemerintah khususnya dunia pendidikan, secara bertahap berisi muatan pelajaran dalam kurikulum setingkat lebih tinggi dari muatan pelajaran dengan tidak meninggalkan ketetapan dari BNSP (kurikulum Plus).

Proses belajar mengajar di SMK Amsir 1 Parepare sangat kondusif, bejalan sebagaimana mestinya. Dalam pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan mengamanatkan pola pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif, dan menyenangkan. Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus mau meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik. Guru–guru di SMK Amsir 1 Parepare telah berupaya untuk mengimplementasikan pola pembelajaran yang diamanatkan dalam kurikulum. Namun masih banyak mengalami kendala. Permasalahan yang muncul guru belum siap menghadapi perubahan, fasilitas kurang memadai, serta infrastruktur yang mendukung pelaksanaan kurikulum belum memadai. Namun demikian guru-guru siap melaksanakan kurikulum dengan segala keterbatasan.

Pada Tahun Pelajaran 2012/2013 SMK Amsir 1 Parepare dikelola oleh seorang Kepala Sekolah, 58 tenaga pendidik terdiri 13 guru PNS, 45 guru yayasan/honorer, serta 6 tenaga Tata Usaha, 1 tenaga laboran, 1 tenaga Perpustakaan, 2 tenaga tukang kebun.

Untuk mendukung pengelolaan Sekolah berbagai fasilitas untuk mengembangkan diri sudah tersedia antara lain: laboratorium Komputer, ruang Multi Media, ruang perpustakaan, mushola, serta lapangan olahraga yang representatif. Untuk mengembangkan ICT, pada tahun pelajaran 2012/2013 sekolah telah memiliki jaringan internet yang dapat diakses di lingkungan sekolah.

Untuk menerapkkan pola pembelajaran yang “PAIKEM “ sebenarnya fasilitas sudah cukup memadai yang tersedia di ruang multi media walaupun masih belum lengkap benar. Namun yang menjadi kendala adalah kemampuan guru dalam menguasai teknologi masih rendah. Sekolah sudah berusaha menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Setiap mengambil suatu kebijakan pihak manajemen sekolah melibatkan semua unsur sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah, untuk diajak musyawarah.

 

  1. B.   KONDISI PENDIDIKAN SATU TAHUN KEDEPAN

Pengembangan pembelajaran untuk tahun pelajaran 2012/2013 mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Baca Tulis Al-qur’an dan TIK kelas X, XI dan XII berbasis ICT.

SMK Amsir 1 memberikan pembinaan bagi peserta didik yang mampu berprestasi dalam bidang studi untuk mempersiapkan lomba-lomba akademik maupun non akademik, sehingga kedepan peserta didik SMK Amsir 1 Parepare mampu menjuarai lomba-lomba akademik maupun non akademik ditingkat nasional, selain itu SMK Amsir 1 Pareoare mampu memenuhi fasilitas sekolah yang bertaraf nasional, mulai dari lahan, gedung , dan sarana lainnya.

  1. C.   IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI) ANTARA KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI TERHADAP KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG

Analisis pengidentifikasian tantangan nyata (KESENJANGAN KONDISI) antara kondisi pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan satu tahun ke depan, khususnya ditinjau dari delapan (8) aspek SNP, dalam mengidentifikasi tantangan nyata, maka diusahakan bersifat kuantitatif dan terukur. Untuk menghasilkan besarnya tantangan nyata yang terukur tersebut, maka dalam analisis pendidikan masa datang dalam tiap aspek SNP adalah menggunakan pedoman kepada: kriteria, standar, spesifikasi, dan lainnya dari peraturan perundangan yang berlaku atau kalau belum diatur secara eksplisit dapat menggunakan dasar-dasar konsep pendidikan yang ideal. Selisih antara kondisi ideal tiap aspek SNP terhadap kondisi nyata tiap aspek SNP adalah merupakan besarnya tantangan nyata yang harus diatasi sekolah.

Untuk situasi satu tahun kedepan, diharapkan SMK Amsir 1 Parepare tetap menjadi salah satu SMK Swasta favorit yang menjadi idaman masyarakat Parepare pada khususnya dan Propinsi Sulawesi Selatan pada umumnya. Upaya kearah itu akan dilakukan seleksi penerimaan peserta didik baru yang diperketat (input) sehingga dapat menghasilkan lulusan (output) yang memenuhi standar yang berkualitas serta mempunyai daya saing yang tinggi.

 

No.

Aspek Pendidikan

Kondisi Saat Ini

Kondisi yang diharapkan 1 tahun ke depan

Besarnya tantangan nyata

I

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

A

Prestasi Akademik

 

 

 

1

Rata-rata pencapaian KKM mapel US

70

90

20

2

Rata-rata pencapaian KKM untuk Mapel UN

65

85

30

3

Rata – rata ujian nasional

 

 

 

4

Jumlah Lulusan yang melanjutkan pendidikan

50 %

80%

30%

5

Pengumpulan porto folio anak

70 %

100 %

30 %

6

Lomba Keterampilan siswa

Juara 1 Tk. Kota

Juara 1 Tk. Kota

2 Bid. Lomba

7

Lomba pembuatan web

Juara 1 Tk. Kota

Juara 1 Tk. Kota

1 Tingkat

B

Prestasi Non Akademik

 

 

 

1

Kejuaraan Kempo

Juara 1 Tk. Propinsi

Peringkat 1 Provinsi

3 Tingkat

2

Kejuaraan bola voli

Juara 1 Tk. Kota

Juara 1 Tk. Kota

1 Tingkat

 

 

 

 

 

II

KURIKULUM

1

Tersusunnya Dokumen I

90%

100%

10%

2

Tersusunya Dokumen II KTSP semua Kompetensi Keahlian

85%

100%

15%

3

Pengembangan Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar semua mata pelajaran

70%

90%

20%

4

Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pengembangan Silabus dan RPP

70%

100%

30%

5

Dokumentasi Kurikulum

90%

100%

10%

 

 

 

 

 

III

PROSES BELAJAR MENGAJAR

1

Kelengkapan silabus dan RPP oleh guru

80 %

100 %

20 %

2

Kelengkapan bahan ajar/sumber belajar

65 %

100 %

35 %

3

Jumlah Rombongan Belajar

 

 

 

4

Jumlah siswa per rombel

 

 

 

5

Rasio peserta didik dengan buku teks

5:1

1:1

4

6

Pelaksanaan program yang menumbuhkan kreativitas Siswa dan guru

85 %

100 %

15 %

7

Penerapan prinsip PBM eksploratif, elaboratif, dan konfirmatif

50 %

100 %

50 %

8

Penerapan pembelajaran di luar kelas

40 %

80 %

40%

9

Penerapan pendekatan pembelajaran CTL

80 %

100%

20 %

10

Penerapan pendekatan pembelajaran tuntas

95 %

100%

5%

11

Penggunaan ICT dalam PBM

50 %

95 %

45 %

12

Pemanfaatan Internet dalam PBM

30 %

85 %

50 %

13

penggunaan multi media dalam PBM

40 %

100 %

60 %

14

Variasi model penilaian

2 model

5 model

3 model

15

Supervisi pembelajaran

50 %

80 %

30 %

 

 

 

 

 

IV

SARANA  DAN PRASARANA

1

Ruang wakil KS

Belum standar

Tersedia R wakil Kepala Sekolah

Terbangun R. Wakil KS

2

Ruang perpustakaan

Belum standar

Tersedia ruang yang terstandar

Terbangun ruang perpus

3

Ruang guru

Belum standar

Tersedia ruang guru yang terstandar

Terbangun ruang guru

4

Ruang multimedia TIK

Sementara dibangun

Tersedia R. multimedia

Tambahan dana

5

Fasilitas Multimedia

Belum Lengkap

Tersedia lengkap

Penyediaan fasilitas lab multimedia

6

Lab Bahasa

1 buah

3 buah

2 buah

7

Televisi

2 buah

3 buah

1 buah

8

LCD Projector

8 buah

20 buah

12 buah

9

Laptop

24 buah

30 buah

6 buah

10

Sambungan dan daya listrik

4 meteran

8 meteran

4 meteran

11

Komputer guru

Belum Ada

Tersedia lengkap

Penyediaan di ruang guru

12

Komputer TU

2 buah

5 buah

3 buah

13

Jaringan internet

1 Mbps

2 Mbps

1 Mbps

14

Sarana Olah raga

50 %

100 %

50 %

15

Lab komputer

2 buah

3 buah

1 buah

16

Komputer siswa

18 buah

40 buah

22 buah

17

Instalasi air bersih

2 buah

10 buah

8 buah

18

Kamar mandi dan WC

4 buah

10 buah

6 buah

 

 

 

 

 

V

STANDAR PENGELOLAAN

1

Perangkat dokumen pelaksanaan rencana kerja/kegiatan

70%

100%

30%

2

Dokumen RKAS

90%

100%

10%

3

Dokumen PSB

80 %

100 %

20 %

4

Dokumen Pedoman Pembinaan Kesiswaan

80 %

100 %

20 %

5

Dokumen Tata tertib sekolah

95 %

100 %

5 %

6

Dokumen Kode etik Sekolah

60 %

100%

40 %

7

Dokumen Penugasan Guru

90%

100%

10%

8

Dokumen Struktur Organisasi

90%

100%

10%

9

Dokumen Pembagian tugas pokok dan fungsi

80%

100%

20%

10

Tim Work Supervisi, monitoring, evaluasi dan AKreditasi

Tersusun 60 %

100%

40%

11

Instrumen supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi

Tersusun 60%

100%

40%

12

Pelaporan hasil supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi

Terlaksana 50%

100%

50%

13

Dokumen keberadaan komite serta kemitraan dan peran serta masyarakat

40 %

100%

60%

14

Dokumen program kerja komite sekolah

50%

100%

50%

15

Kerjasam dengan pihak lain

20 Instansi/DUDI

30 Instansi/DUDI

10

16

Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa

240.000/tahun

1 juta/tahun

760.000

17

Kerjasama dangan PT

1 Perguruan Tinggi

3 Perguruan Tinggi

2 PT

VI

TENAGA KEPENDIDIKAN / SDM

A

KEPALA SEKOLAH

 

 

 

1

Mengikuti latihan Kepemimpinan

Belum Pernah

Minimal 3 kali

3 Kali

2

Menahami manajerial Sekolah (MBS)

75% memahami manajerial Sekolah

95% memahami manajerial Sekolah

20 %

3

mengikuti pelatihan TIK

2 kali

4 kali

2 kali

4

Mengikuti pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah

Belum Pernah

Minimal 3 kali

3 Kali

 

 

 

 

 

B

TENAGA PENDIDIK

 

 

 

1

Kuliafikasi S1

95 % berkualifikasi S1

100 % berkualifikasi S1

5%

2

Kuliafikasi S2

0 % berkualifikasi S2

10 % berkualifikasi S2

10%

3

Menguasai komputer dan internet

75 % menguasai komputer dan Internet

90 % menguasai komputer dan Internet

15%

4

Mengikuti pelatihan TIK

35%

75%

40%

5

Pelatihan Belajar Tuntas, Penilaian dan evaluasi pembelajaran

40%

90%

50%

6

Pelatihan Penelitian Pendidikan (PTK)

20%

70%

50%

 

 

 

 

 

C

TENAGA TU, LABORAN, PUSTAKAWAN,DLL

 

 

1

Pelatihan TIK

50 %

100%

50%

2

Pelatihan manajemen sesuai bidangnya

0 %

80%

80%

3

Penempatan Sesuai dengan keahlian dan bidangnya

40%

90%

50%

 

 

 

 

 

VII

KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN

1

Sumber dana

2 sumber

7 sumber

5 sumber

2

Kontribusi biaya persiswa pertahun

Rp. 1.000.000,-

Rp. 5.000.000,-

4.000.000,-

3

Pengalokasian Dana

60 % untuk mencapai 8 Standar Nasional

85% untuk mencapai 8 Standar Nasional

25%

4

Penggunaan Dana

85% benar

100% benar

15 %

5

Pelaporan Penggunaan Dana

95%

100%

5%

6

Dokumen Pendukung Pelaporan

95%

100%

5%

 

 

 

 

 

VIII

STANDAR PENILAIAN

1

Pemahaman guru terhadap prinsip-prinsip penilaian

75%

100%

25%

2

Implementasi sistem penilaian dalam proses pembelajaran

75%

100%

25%

3

Penggunaan instrumen penilaian yang variatif

70%

100%

30%

4

Frekwensi Ulangan Harian

80%

100%

20%

5

Ulangan Tengah Semester

100%

100%

0%

6

Cakupan Materi Ulangan Akhir Semester

50%

100%

50%

7

Analisis dan tindak lanjut hasil penilaian

50%

100%

50%

8

Dokumentasi hasil penialaian

80%

100%

20%

 

 


 

BAB  III  

ANALISIS SWOT

 

  1. A.   ANALISIS SWOT INTERNAL, DAN EKSTERNAL

Untuk mengenali tingkat kesiapan tiap fungsi dari keseluruhan fungsi yang  diperlukan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan maka dilakukan analisis SWOT. Tingkat kesiapan fungsi dilakukan oleh tingkat kesiapan masing-masing faktor yang terlibat dalam setiap fungsi, baik faktor internal maupun eksternal. Berikut ini analisis SWOT untuk mengetahui tingkat kesiapan dari semua komponen di SMK Amsir 1 Parepare dalam upaya untuk meraih sasaran dalam periode tahun pelajaran 2012/2013.

Sasaran 1  :  Peningkatkan kompetensi lulusan peserta didik dengan perolehan prestasi akademik dan non akademik.

No.

Fungsi dan Faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Siap

Tdk Siap

1

Fungsi PBM (Proses Belajar Mengajar)

 

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Pemberdayaan peserta olimpiade sains, karya tulis, olahraga dan seni

a. Guru mampu

a. Guru Cukup mampu

 

 

 

b

Variasi metode yang dipakai

b. Metode bervariasi

b. Metode cukup    

     mampu

 

 

 

c

Motivasi siswa

c. Siswa termotivasi

c. Siswa cukup

    termotivasi

 

 

 

1.2

Faktor eksternal

 

 

 

 

 

 

a. Motivasi

a. Orang tua siap memotivasi anak

a. Orang tua cukup

    memotivasi anak

 

 

 

b. lingkungan sosial masyarakat

b. Kondusif

b. Kondusif

 

2

Fungsi kesiswaan

 

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

 

a. Motivasi Siswa

a. Semangat tinggi

a. 96% berkemauan

    tinggi

 

 

 

b. Siswa berbakat

b. 100%

 

 

 

 

 

c. Motivasi Guru Pembimbing

c. Fasilitator yang baik

c. Fasilitator cukup baik

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

 

a. Dukungan orang tua

a. Tinggi

a. Memfasilitasi baik

 

 

 

b. Lingkungan sosial

    masyarakat

b. Kondusif

b. Kondusif

 

3

Fungsi pelatihan

 

 

 

 

 

3.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

 

a. Petunjuk pelatihan

a. Tersusun rapi

a. Tersusun rapi

 

 

 

b. Pelatihan dan pembinaan

    rutin setiap minggu sekali

b. Aktif dilaksanakan

b. Kurang aktif

 

 

 

c. Memotivasi siswa untuk

    latihan secara aktif

c. Rajin masuk dan aktif

c. Kurang rajin

 

 

3.2

Faktor Eksternal

a. Intensif dalam lomba

a. Diikuti

a. Diikuti

 

 

 

b. Dukungan orang tua dan

    masyarakat

b. Mendukung sepenuhnya

b. Mendukung

 

4

Fungsi ketenangan

 

 

 

 

 

4.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

 

a. Jumlah pembina

a. Mencukupi

a. Mencukupi

 

 

 

b. Termotivasi Pembina

b. Termotivasi

b. Cukup Termotivasi

 

 

 

c. Kelayakan pembina

c. Layak

c. Cukup Layak

 

 

4.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

 

a. Tenaga pembina profesional

a Memiliki tenaga profesional

a. Cukup memiliki tenaga profesional

 

 

 

b. Pengalaman pembina

b. Berpengalaman

b. Cukup berpengalaman

 

 

 

c. Prestasi pembina

c. Berprestasi

c. Ada yang berprestasi

 

 

Sasaran  II : Pengembangan kurikulum dan pelaksanaan sistem penilaian tingkat satuan pendidikan secara optimal.

No.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Siap

Tdk siap

1.

Faktor pengembangan kurikulum

 

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Tersusunnya kurikulum

a. Dapat tersusun

a. Telah  tersusun

 

 

b

Tersedianya dokumen kurikulum   KTSP

b. Dapat tersedia

b. Dalam tahap revisi

 

 

c

ditetapkannya dan terlaksananya model penilaian

c. Dapat terlaksana

c. Dalam tahap

    revisi

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Terjalinnya kerja sama dengan sekolah lain

a. Dapat terjalin

a. Dalam tahap

    menggalang informasi

    kerja sama

 

 

b

Mengadopsi dan mengadaptasi kurikulum

b. Dapat

b. Dalam tahap penyelesaian

 

 


 

Sasaran  III : Pengembangan proses belajar mengajar yang bermutu.

No.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Peersiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Siap

Tdk siap

1.

Fungsi Kegiatan Belajar Mengajar

 

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Penigkatan

Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll

a. Guru Profesiolisme

a. Cukup Profesional

 

 

b

Metode mengajar yang sesuai

b. Mengajar  dengan metode yang variatif

b. masih menggunakan metode konvensional.

 

 

c

Pemberdayaan siswa

c. Guru mampu

c.Guru cukup mampu

 

 

d

Hubungan guru dengan siswa

d. Familiar dan disegani

d. Familiar dan disegani

 

 

e

Penggunaan waktu belajar

e. 100% efektif

e. 90% efektif

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Kesiapan siswa dalam PBM berbasis ICT

a. 100% siap

a. 90% siap

 

 

b

Dukungan orang tua

b. Mendukung

b. Mendukung

 

 

c

Dukungan sosial masyarakat

c. Mendukung

c. Mendukung

 

2

Fungsi Sarana dan Prasarana

 

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 


 

a

a. Tersedianaya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet

b. Layak pakai

a. Kurang

 

 

b

Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT

b. Termotivasi

b. Cukup termotivasi

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Dukungan orang tua

a. Mendukung

a. Mendukung dan

    memperhatikan

 

 

b

Partisipasi masyarakat

a. Aktif berpartisipasi

b. Mendukung aktif

 

 

c

Kerja sama pemerintah  pusat dan  daerah

c. Mendukung

c. Mendukung dan

    berpartisipasi

 

 

Sasaran IV : Pengembangan fasilitas, sarana dan prasarana dengan kualitas yang memada baik kualitas maupun kuantitas.

No.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Siap

Tdk siap

1

Fungsi pendukung sarana

 

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

 

a. Fasilitas dan sarana

    memadai

a. Memadai

a. Cukup memadai

 

 

 

b. Komputer lengkap

b. Lengkap

b. Kurang lengkap

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

 

a. Dukungan orang tua

a. Mendukung

a. Cukup mendukung

 

 

 

b. Dukungan masyarakat

b. Mendukung

b. Cukup mendukung

 

2

Fungsi sarana prasarana

 

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Buku-buku yang relevan

a. Memadai

a. Kurang memadai

 

 

b

Media pembelajaran

b. Mermadai

b. Kurang memadai

 

 

c

Lab bahasa, multimedia, Lap IPA dll

c. Memadai

c. Kurang memadai

 

 

d

Pengelolaan laboratorium

d. Ada dan memenuhi syarat

d. Ada dan kurang memenuhi syarat

 

 

e

Dana penunjang

e. Mencukupi

e. Kurang cukup untuk kegiatan operasional

 

 

2.2

Faktor eksternal

 

 

 

 

 

a

Dukungan orang tua

a. Mendukung

a. Mendukung dan memperhatikan

 

 

b

Kerja sama dengan pemerintah daerah Tingkat I dan II

b. Mendukung

b. Kurang mendukung dan memperhatikan

 

 

c

Kerja sama dengan pihak lain yang tidak mengikat

c. Mendukung

c. Mendukung dan memperhatikan

 

3

Ketersediaan sarana prasarana

 

 

 

 

 

3.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

a. Tersedianya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet

b. Layak pakai

a. Kurang

 

 

b

Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT

b. Termotivasi

b. Cukup termotivasi

 

 

3.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Dukungan orang tua

a. Mendukung

a. Mendukung dan

    memperhatikan

 

 

b

Partisipasi masyarakat

a. Aktif berpartisipasi

b. Mendukung aktif

 

 

c

Kerja sama pemerintah  pusat dan  daerah

c. Mendukung

c. Mendukung dan

    berpartisipasi

 

 


 

Sasaran V : Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi kualifikasi profesional dalam mengelola pendidikan.

No.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Siap

Tdk siap

1

Fungsi ketenangan

 

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Jumlah guru

a. 104 orang

a. 104 orang

 

 

b

Kualifikasi guru

b. 100% S - I

b. 92% S -I

 

 

c

Kesesuaian Latar Belakang pendidikan

c. 100% sesuai

c. 90% sesuai

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Fasilitas pengembangan diri

a. Terpenuhi

a. Kurang

 

 

b

Dukungan komite

b. Mendukung

b. Cukup mendukung dan memperhatikan

 

 

c

Dukungan dinas pendidikan

c. Mendukung

c. kurang mendukung dan memperhatikan

 

2

Fungsi Proses Belajar Mengajar

 

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Penigkatan

Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll

a. Guru Profesiolisme

a. Cukup Profesional

 

 

b

Metode mengajar yang inovatif

b. Mengajar  sesuai dengan standar proses

b Belum berstandar   .

 

 

c

Pemberdayaan siswa

c. Guru mampu

c.Guru cukup mampu

 

 

d

Hubungan guru dengan siswa

d. Familiar dan disegani

d. Familiar dan disegani

 

 

e

Penggunaan waktu belajar

e. 100% efektif

e. 96% efektif

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Kesiapan siswa menerima pelajaran

a. 100% siap

e. 96% siap

 

 

b

Dukungan orang tua

b. Perhatian tinggi

b. Penuh perhatian

 

 

c

Lingkungan sosial masyarakat

c. Kondusif

c. Kondusif

 

 

d

Tersedianya dana yang mencukupi

d. Dana tercukupi

d. Dana kurang tercukupi

 

 


 

Sasaran VI : Mewujudkan manajemen dan pembiayaan sekolah yang partisipatif, proporsional, transparan dan akuntabel.

No.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi Nyata

Tingkat Kesiapan

Siap

Tdk siap

1.

Fungsi Manajemn

 

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Pemberdayaan tenaga pendidik & kependidikan

a. Mampu

a. Cukup mampu

 

 

b

Pengelolaan Manajemen sekolah ynag bertaraf internasional

b. Dapat mengelola dan memanajemen

b. Dalam taraf  belajar

 

 

c

Dana penunjang

c. Tersedia dan cukup

c. Kurang cukup untuk

    kegiatan internasional

 

 

1.2

Faktor eksternal

 

 

 

 

 

a

Dukungan masyarakat ( sekolah dan pihak-pihak lain yang tidak mengikat)

a. Mendukung

a. Cukup mendukung dan memperhatikan

 

 

b

Dukungan pemerintah

b. Mendukung dan memperhatikan

b. Mendukung dan

    memperhatikan

 

2

Fungsi Pendanaan

 

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a

Dukungan siswa

a. 100%

a. 95% siswa siap

 

 

b

Pemberdayaan unit produksi di sekolah

b. 100%

b. 85% siap

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a

Dukungan komite

a. Mendukung

a. Mendukung dan memperhatikan

 

 

b

Dukungan pemerintah daerah

b. Mendukung

b. Mendukung dan memperhatikan

 

 

c

Dukungan pemerintah pusat

c. Mendukung

c. Mendukung dan memperhatikan

 

 


 

  1. B.        ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN PERSOALAN

Sasaran 1  :  Peningkatkan kompetensi lulusan peserta didik dengan perolehan prestasi akademik dan non akademik.

No.

Komponen/faktor yang tidak siap

Persolan pada komponen/faktor

Alternatif pemecahan masalah

 
 

1

Fungsi PBM (Proses Belajar Mengajar)

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Pemberdayaan peserta olimpiade sains, karya tulis, olahraga dan seni

a. Guru cukup mampu

a. Guru memotivsi siswa dengan maksimal

 

 

b

Variasi metode yang dipakai

b. Metode cukup bervariasi

b. Menamba variasi metode pembelajaran

 

 

c

Motivasi siswa

c. Siswa cukup termotivasi

c. Memberikan layanan bimbingn konseling

 

 

1.2

Faktor eksternal

 

 

 

 

 

a. Motivasi

a. Orang tua cukup  memotivasi anak

 -

 

 

 

b. lingkungan sosial masyarakat

b. Kondusif

 -

 

2

Fungsi kesiswaan

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a. Motivasi Siswa

a. 96% berkemauan tinggi

 -

 

 

 

b. Siswa berbakat

b. 96% nilai baik

 -

 

 

 

c. Motivasi Guru Pembimbing

c. Fasilitator cukup baik

c. guru selalu aktif dalam pengembangan pembelajaran

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a. Dukungan orang tua

a. Mendukung

-

 

 

 

b. Lingkungan sosial

    masyarakat

b. Kondusif

-

 

3

Fungsi pelatihan

 

 

 

 

3.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a. Petunjuk pelatihan

a. Tersusun rapi

-

 

 

 

b. Pelatihan dan pembinaan

    rutin setiap minggu sekali

b. Kurang aktif

b. Mengakifkan pelatihan dan pembinaan secara rutin

 

 

 

c. Memotivasi siswa untuk

    latihan secara aktif

c. Kurang rajin

c. Memotivasi siswa untuk berlatih

 

 

3.2

Faktor Eksternal

a. Intensif dalam lomba

a. Diikuti

-

 

 

 

b. Dukungan orang tua dan

    masyarakat

b. Mendukung

-

 

4

Fungsi ketenangan

 

 

 

 

4.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a. Jumlah pembina

a. Mencukupi

-

 

 

 

b. Termotivasi Pembina

b. Cukup termotivasi

-

 

 

 

c. Kelayakan pembina

c. Cukup Layak

c. Mengikut sertakan dalam berbagai pelatihan

 

 

4.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a. Tenaga pembina profesional

a Cukup memiliki tenaga profesional

a. mengikut setakan dalam berbagai pelatihan

 

 

 

b. Pengalaman pembina

b. Cukup berpengalaman

b. Menambah pengalaman

 

 

 

c. Prestasi pembina

c. Ada yang berprestasi

c. Meningkakan prestasi pembina dalam berbagai ivent.

 

 

Sasaran  II : Pengembangan kurikulum dan pelaksanaan sistem penilaian tingkat satuan pendidikan secara optimal.

No.

Komponen/faktor yang tidak siap

Persolan pada komponen/faktor

Alternatif pemecahan masalah

 
 

1.

Faktor pengembangan kurikulum

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Tersusunnya kurikulum berstandar internasional

a. Dalam tahap

    penyusunan

a. Menyusun kurikulum berstandar internasional melalui workshop dan MGMP

 

 

b

Tersedianya dokumen kurikulum 

b. Dalam tahap

    penyusunan

 

 

c

Ditetapkannya dan terlaksananya model penilaian

c. Dalam tahap

    penyusunan

c. Meyusun model penilaian

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Terjalinnya kerja sama dengan sekolah lain tentang pengembangan kurikulum

a. Dalam tahap

    menggalang informasi

    kerja sama

a. Menjalin kerjasama dengan sekolah lain

 

 

b

Mengadopsi dan mengadaptasi kurikulum

b. Dalam tahap penyelesaian

b. Mengkaji dan menganalisis kurikulum.

 

 

Sasaran  III : Pengembangan proses belajar mengajar yang bermutu.

No.

Komponen/faktor yang tidak siap

Persolan pada komponen/faktor

Alternatif pemecahan masalah

 
 

1.

Fungsi Kegiatan Belajar Mengajar

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Penigkatan

Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll

a. Cukup Profesional

a. Mengikuti pelatihan

 

 

b

Metode mengajar yang sesuai dan berstandar

b Belum berstandar  

b. Menambah media pembelajaran

 

 

c

Pemberdayaan siswa

c.Guru cukup mampu

c. Memotivasi siswa

 

 

d

Hubungan guru dengan siswa

d. Familiar dan disegani

d. Menjalin hubungan keakraban

 

 

e

Penggunaan waktu belajar

e. 96% efektif

e. Memberikan les tambahan

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Kesiapan siswa dalam PBM bilingual berbasis ICT

a. 90% siap

a. Memotivasi siswa

 

 

b

Dukungan orang tua

b. Mendukung

b. Meningkatkan dukungan orang tua

 

 

c

Dukungan sosial masyarakat

c. Mendukung

c. Kerjasama dengan masyrakat sekitar

 

2

Fungsi Sarana dan Prasarana

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

a. Tersedianaya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet

a. Kurang

a. Melengkapi sarana dan prasarana

 

 

b

Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT

b. Cukup termotivasi

b. Memotivasi siswa

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Dukungan orang tua

a. Mendukung dan

    memperhatikan

a. Meningkatkan dukungan orang tua

 

 

b

Partisipasi masyarakat

b. Mendukung aktif

b.Menggalang partisipasi masyarakat

 

 

c

Kerja sama pemerintah  pusat dan  daerah

c. Mendukung dan

    berpartisipasi

c. Menjalin kerjasama

 

 

 

Sasaran IV : Pengembangan fasilitas, sarana dan prasarana dengan kualitas yang memada baik kualitas maupun kuantitas.

No.

Komponen/faktor yang tidak siap

Persolan pada komponen/faktor

Alternatif pemecahan masalah

 
 

1

Fungsi pendukung sarana prasarana.

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

 

a. Fasilitas dan sarana

    memadai

a. Cukup memadai

a. Menambah kelengkapan sarana prasarana

 

 

 

b. Komputer lengkap

b. Kurang Lengkap

b. Menambah komputer secara bertahap

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

 

a. Dukungan orang tua

a. Cukup mendukung

-

 

 

 

b. Dukungan masyarakat

 

b. Cukup mendukung

-

 

2

Fungsi sarana prasarana

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Buku-buku yang relevan berstandar internasional

a. Kurang memadai

a. Menambah buku-buku pembelajaran

 

 

b

Media pembelajaran

b. Kurang memadai

b. Melengkapi media pembelajaran

 

 

c

Lab bahasa, multimedia, Lap IPA dll

c. Kurang memadai

c. Menambah peralatanlaboratorium

 

 

d

Pengelolaan laboratorium

d. Ada dan kurang memenuhi syarat

d. Menambah tenaga pengelola laboratorium

 

 

e

Dana penunjang

e. Kurang cuklup untuk kegiatan operasional

e. Menggalisumber dana

 

 

2.2

Faktor eksternal

 

 

 

 

a

Dukungan orang tua

a. Mendukung dan memperhatikan

a. Meningkatkan dukungan orang tua

 

 

b

Kerja sama dengan pemerintah daerah Tingkat I dan II

b. Kurang mendukung dan memperhatikan

b. Menjalin kerjasama dengan pemda

 

 

c

Kerja sama dengan pihak lain yang tidak mengikat

 

c. Mendukung dan memperhatikan

c. Menjalin kerjasama dengan pihak lain

 

3

Ketersediaan sarana prasarana

 

 

 

 

3.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

a. Tersedianya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet

a. Kurang

a. Menyediakan fasilitas pendukung laboratorium, multiedia dan jaringan internet.

 

 

b

Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT

b. Cukup termotivasi

b. Memberikan intensif kepada guru dan siswa yang berprestasi

 

 

3.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Dukungan orang tua

a. Mendukung dan

    memperhatikan

a. Memberdayakan komite sekolah

 

 

b

Partisipasi masyarakat

b. Mendukung aktif

b. Meningkatkan partisipasi masyarakat

 

 

c

Kerja sama pemerintah  pusat dan  daerah

c. Mendukung dan

    berpartisipasi

c. menjalin kerjasma

 

 


 

Sasaran V : Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi kualifikasi profesional dalam mengelola pendidikan.

No.

Komponen/faktor yang tidak siap

Persolan pada komponen/faktor

Alternatif pemecahan masalah

 
 

1

Fungsi ketenangan

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Jumlah guru

a. 104 orang

-

 

 

b

Kualifikasi guru

b. 92% S -I

b. Memberikan beasiswa kualifikasi pendidikan

 

 

c

Kesesuaian Latar Belakang pendidikan

c. 90% sesuai

c. Mengankat tenaga honorer

 

 

1.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Fasilitas pengembangan diri

a. Kurang

a. Melengkapi pasilitas

 

 

b

Dukungan komite

b. Cukup mendukung dan memperhatikan

b. Mengaktifkan komite sekolah

 

 

c

Dukungan dinas pendidikan

c. kurang mendukung dan memperhatikan

c. Mencari dukungan dengan dinas pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

2

Fungsi Proses Belajar Mengajar

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Penigkatan

Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll

a. Cukup Profesional

a. Mengikuti pelatihan

 

 

b

Metode mengajar yang sesuai dan berstandar

b Belum berstandar.

B. Mengaktifkan MGMP

 

 

c

Pemberdayaan siswa

c.Guru cukup mampu

c.Memotivasi siswa

 

 

d

Hubungan guru dengan siswa

d. Familiar dan disegani

d. Menjalin hubungan keakraban

 

 

e

Penggunaan waktu belajar

e. 96% efektif

e. Memberikan les tambahan

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Kesiapan siswa menerima pelajaran

a. 96% siap

a. Memotivasi siswa

 

 

b

Dukungan orang tua

b. Penuh perhatian

-

 

 

c

Lingkungan sosial masyarakat

c. Kondusif

-

 

 

d

Tersedianya dana yang mencukupi

d. Dana kurang tercukupi

d. Menggali sumber dana lain

 

 


 

Sasaran VI : Mewujudkan manajemen dan pembiayaan sekolah yang partisipatif, proporsional, transparan dan akuntabel.

No.

Komponen/faktor yang tidak siap

Persolan pada komponen/faktor

Alternatif pemecahan masalah

 
 

1.

Fungsi Manajemn

 

 

 

 

1.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Pemberdayaan tenaga pendidik & kependidikan

a. Cukup mampu

a. Menyusun Tupoksi

 

 

b

Pengelolaan Manajemen sekolah yang berstandar

b. Dalam taraf  pengembangan

b. Mengikui pelatihan manajemen

 

 

c

Dana penunjang

c. Kurang cukup untuk

    kegiatan pengembangan sekolah

c. Efesiensi dan efektifitas penggunaan dana

 

 

1.2

Faktor eksternal

 

 

 

 

a

Dukungan masyarakat ( sekolah dan pihak-pihak lain yang tidak mengikat)

a. Cukup mendukung dan memperhatikan

-

 

 

b

Dukungan pemerintah

b. Mendukung dan

    memperhatikan

-

 

2

Fungsi Pendanaan

 

 

 

 

2.1

Faktor Internal

 

 

 

 

a

Dukungan siswa

a. 95% siswa siap

a. Siap menyumbang

 

 

b

Pemberdayaan unit produksi di sekolah

b. 85% siap

 -

 

 

2.2

Faktor Eksternal

 

 

 

 

a

Dukungan komite

a. Mendukung dan memperhatikan

-

 

 

b

Dukungan pemerintah daerah

b. Mendukung dan memperhatikan

-

 

 

c

Dukungan pemerintah pusat

c. Mendukung dan memperhatikan

-

 
           

 

 


 

BAB  IV

VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM STRATEGI

 

  1. A.   Visi SMK Amsir 1 Parepare

Terampil dan Mandiri Dalam Bidang Keahlian Yang Berwawasan IMTAQ dan IPTEK Menuju Era Globalisasi

INDIKATOR :

  1. Terwujudnya pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang bermutu, efesien, dan relevan.
  2. Terwujudnya kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
  3. Tercapainya standar kompetensi lulusan (SKL) yang berdaya saing.
  4. Tersedianya sarana prasarana dan fasilitas pendidikan yang memadai dalam jumlah dan berkualitas.
  5. Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi profesional.
  6. Terwujudnya penilaian pendidikan yang memenuhi standar penilaian.
  7. Tewujudnya pendidikan yang adil, merata, dan bermutu dengan output yang berdaya saing.
  8. Terwujudnya sistem manajeman partisipatif, proporsional, transparan, dan akuntabel.
  9. Terwujudnya sikap dan budi pekerti yang luhur yang dilandasi iman dan taqwa.

 

  1. B.   Misi SMK Amsir 1 Parepare
    1. Meningkatkan pembinaan IMTAQ dan IPTEK terhadap siswa melalui program Normatif dan Adaptif.
    2. Membentuk Calon tenaga kerja produktif, terampil dan mandiri dalam Bidang Teknologi dan Kesehatan  melalui Program Kerja Industri (Prakerin)
    3. Meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan menjadi Profesional untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil.
    4. Menjadikan Lembaga yang berwawasan BESTRIA (Bersih, Sehat, Tertib, Rapi, Indah, Aman)

 

C.   Tujuan SMK Amsir 1 Parepare

  1. Meningkatkan iman, taqwa, dan akhlak mulia, serta kualitas jasmani peserta didik
  2. Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan/atau meluaskan pendidikan dasar
  3. Meningkatkan daya saing dengan menghasilkan lulusan yang mandiri, bermutu, terampil, ahli dan profesional, mampu belajar sepanjang hayat, serta memiliki kecakapan hidup yang dapat membantu dirinya dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan
  4. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.
  5. Mendidik Sumberdaya Manusia yang mempunyai etos kerja dan kompetensi berstandar Internasional.
  6. Memberikan berbagai Layanan Pendidikan Kejuruan yang Permeable dan Fleksibel secara terintegrasi pada jalur Pendidikan Kejuruan.
  7. Memperluas layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.
  8. Mengoptimalkan sumber daya pendidikan untuk meningkatkan layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.

 

  1. D.   Program Strategi

 

  1. Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah dalam berbagai bidang baik akademik maupun non akademik.

 

  1. Mengembangkan fasilitas, sarana dan prasarana yang memenuhi kualitas dan kuantitas.

 

  1. Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi kualifikasi dalam bidangnya.

 

  1. Mewujudkan manajemen dan pembiayaan yang memadai, proporsional, transparan dan akuntabel.

 

  1. Pengembangan proses belajar mengajar berbasis ICT.

 

  1. Pengembangan kurikulum dan pelaksanaan sistem penilaian tingkat satuan pendidikan yang terstandar.

 

 

 

 


 

BAB  V

PROGRAM KEGIATAN DAN RENCANA PELAKSANAAN

 

  1. A.   EVALUASI KETERCAPAIAN PROGRAM KEGIATAN TAHUN SEBELUMNYA

Uraian program kegiatan yang telah dilaksanakan serta ketercapaian pada tahun sebelumnya mengacu pada SNP (8 Standar Nasional) dan program kegiatan yang belum tercapai serta kendalanya.

 

  1. B.   PRIORITAS RENCANA KEGIATAN SATU TAHUN KEDEPAN
    1. Pemenuhan Standar Isi:
    2. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
    3. Pengembangan silabus
    4. Pengembangan RPP
    5. Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya
    6. Pengembangan Panduan Pembelajaran
    7. Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar

 

  1. Pemenuhan Standar Proses:
  2. Pemenuhan persiapan pembelajaran
  3. Pemenuhan persyaratan pembelajaran
  4. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
  5. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
  6. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran

 

  1. Pemenuhan SKL:
  2. Peningkatan prestasi bidang akademik
  3. Peningkatan prestasi bidang non akademik
  4. Peningkatan jumlah kelulusan
  5. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi

 

  1. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
    1. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
    2. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
    3. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya

 

  1. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
  2. Pemenuhan srana dan prasarana minimal
  3. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
  4. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian

 

  1. Pemenuhan Standar Pengelolaan:
  2. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
  3. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
  4. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
  5. Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
  6. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
  7. Pengembangan SIM sekolah
  8. Pengembangan standar ISO: 9001 tahun 2008

 

  1. Pemenuhan Standar Pembiayaan Pendidikan:
  2. Peningkatan sumber dana pendidikan
  3. Pengembangan pengalokasian dana
  4. Pengembangan penggunaan dana
  5. Peningkatan pelaporan penggunaan dana
  6. Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
  7. Pengembangan income generating unit/unit produksi/unis usaha sekolah

 

  1. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
  2. Peningkatan frekuensi ulangan harian
  3. Peningkatan pelaksanaan UTS
  4. Pengembangan materi UAS
  5. Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
  6. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
  7. Pengembangan instruman ulangan harian
  8. Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas
  9. Pengembangan instrumen UTS
  10. Pengembangan instrumen UAS
  11. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
  12. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
  13. Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian

 

  1. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
  2. Pengembangan budaya bersih
  3. Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
  4. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
  5. Penciptaan budaya tata krama “in action”
  6. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K
  7. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll

 

 

  1. C.     RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

No.

PROGRAM KEGIATAN

I

PENINGKATAN SKL

 

  1. Peningkatan jumlah kelulusan/rata-rata NEM/ UN

 

1.1    Tambahan jam pelajaran kelas XII

1.2    Try Out UN

1.3    Kegiatan ujian nasional dan sekolah termasuk pengolahan STTB dan SKHU

 

2    Pendalaman SKL tiap mata pelajaran yang telah dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional.

 

  1. Pendokumentasian SKL

 

  1. Menggalang kerjasama dengan pihak lain yang relevan guna memperdalam penguasaan SKL untuk Kompetensi Keahlian

 

  1. Meningkatkan Prestasi di bidang akademik dan non akademik

 

5.1   Lomba antar Sekolah, Kota s.d tk nasional

 

5.2   Kegiatan pertandingan antar kelas

 

5.3    Kegiatan pameran, pentas, unjuk bakat dan ketrampilan siswa

 

II

PENGEMBANGAN STANDAR ISI

 

  1. Mengembangkan atau menjabarkan kurikulum SKKD, indikator kompetensi, pemetaan, silabus
  2. Menyusun RPP semua kompetensi keahlian
  3. Penambahan kompetensi keahlian muatan lokal (bahasa jepang, baca tulis Al-qur’an
  4. Menjalin kerjasama dengan sekolah bertaraf Internasional lainnya serta menggalang partisipasi dukungan dengan lembaga lain yg relevan.
  5. Pengembangan bahan ajar berbasi TIK
  6. Pengadaan fasilitas komputer

 

III

PEMENUHAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN

 

  1. Kegiatan pengelolaan pembelajaran atau manajemen di kelas. (Pengelolaan KBM, Labor, Remedial, Pengayaan dan Analisis).
  2. Workshop pengembang penggunaan Media pembelajaran
  3. Sharing guru mata pelajaran serumpun.
  4. Pelatihan ICT siswa
  5. Penambahan jam pelajaran untuk Kelas XI dan XII
  6. Kegiatan pelaksanaan penilaian dan pengawasan proses pembelajaran
  7. Kegiatan pertukaran pelajar dan guru /school sister
  8. Kegiatan kerjasama dengan stake holder dan instansi terkait (Parents'day dll), mendatangkan para tokoh agama, legislatif,birokrat pengusaha dll)
  9. Kegiatan kesiswaan

 

9.1    Kegiatan PPDB

9.2    MOS

9.3    Kegiatan out door (kemah,hiking,out bond)

9.4    Kegiatan pelatihan kepemimpinan pengurus OSIS

9.5    Kegiatan karya tulis ilmiah dan experiment/jurnalistik

 

IV

PROGRAM PENINGKATAN kOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN SESUAI DENGAN STADAR INTERNASIOANAL

 

  1. Peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi kepala sekolah, guru dan pegawai
  2. Persiapan toefl dan tes toefl bagi kepala sekolah,guru dan pegawai
  3. Peningkatan manajerial dan kepemimpinan kepala sekolah dan jajarannya.
  4. Pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan (GTT, PTT, Ekskul)
  5. Insentif tenaga pendidik dan kependidikan
  6. Peningkatan kompetensi guru, pegaawai dan kepala sekolah
  7. Kegiatan MKKS
  8. Kegiatan PTK/karya tulis ilmiah guru

V

PENGEMBANGAN SARPRAS SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

 

  1. Pengadaan CCTV
  2. Pengadaan TV kelas
  3. Pengdaan LCD
  4. Pemasangan internet
  5. Pengadaan rak di perpustakaan 3 x 5000000
  6. Pengadaan Lemari untuk menyimpan hasil karya siswa 2x4 juta
  7. Pengadaan mesin fotocopy lengkap dengan scanner LJK, dan printer
  8. Pengadaan papan tulis siswa
  9. Pengadaan buku teks siswa dan buku di perpustakaan
  10. pengadaan komputer
  11. Pemeliharaan ICT
  12. Perbaikan mobiler dan fasilitas sekolah
  13. Pengadaan absensi sidik jari dan operasionalnya
  14. Pengadaan alat olahraga
  15. Pengadaan sound sistem dan perlengkapan untuk upacara
  16. Pengadaan lapangan olahraga sepak bola

VI

PENGEMBANGAN PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH

 

  1. Penyusunan program pengembangan manajemen sekolah jangka pendek, menengah dan panjang.
  2. Kerjasama dengan media cetak dalam hal menginformasikan kegiatan sekolah
  3. Pendokumentasian berbagai panduan khusus pengelolaan bertaraf internasional ISO beserta penerapannya seperti manajemen aspek, kesiswaan fasilitas, perpustakaan penilaian, tenaga, penerapan website
  4. Meraih sertifikat ISO 9001 Versi 2008
  5. Kegiatan untuk memperoleh jalinan kerjasama dengan sekolah (MoU)
  6. Pemenuhan pengelolaan sekolah berbasis TIK, e-learning,
  7. Sosialisasi dan penyusunan evaluasi diri sekolah/akreditasi
  8. Belanja habis pakai
  9. Pengelolaan administrasi kelas dan laporan nilai siswa

VII

PEMENUHAN STANDAR PENILAIAN

 

  1. Mengembangkan sistem Evaluasi dan penilaian
  2. Melaksanakan try out berbahasa Inggris untuk mengetahui tingkat ketercapaian  Kompetensi.
  3. Kegiatan pembuatan instrumen atau perangkat soal dalam berbagai bentuk jenisnya sesuai mapel nasional dan internasional
  4. Kegiatan ulangan bulanan dan semester

 

 

 


 

  1. D.       RENCANA ANGGARAN SEKOLAH

 

 

 

RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH ( RAPBS )

   

SMK AMSIR 1 PAREPARE TAHUN 2012/2013

 

 

 

Jl. Bau Massepe No. 52 A Parepare

 

 

         

A.

PENDAPATAN

   

NO

 

RENCANA PENDAPATAN

 JUMLAH

 

 

 

 

 

I

SEKOLAH

 

 

 

1

SPP Kelas X, XI, XII

 Rp  299,040,000

 

 

2

Unit Produksi dan Jasa

 Rp    10,000,000

 

 

3

Dana Pembinaan Pendidikan

 Rp    80,950,000

 

 

 

 

 

 Rp     389,990,000

II

Bantuan APBD

 

 

 

1

Pendidikan Gratis

 Rp  115,771,600

 

 

2

Bantuan Operrasional Pendidikan (BOP)

 Rp    91,123,500

 

 

3

Pelaksanaan UN Kelas XII

 Rp    24,300,000

 

 

4

Siswa Miskin

 Rp     2,100,000

 

 

 

 

 

 Rp     233,295,100

III

Bantuan Propinsi (DEKON)

 

 

 

1

Bantuan Operasional Siswa

 Rp    32,830,000

 

 

2

Pelaksanaan UN Kelas XII

 Rp     3,720,000

 

 

3

Bantuan Keluarga Miskin

 Rp    24,180,000

 

 

 

 

 

 Rp       60,730,000

IV

Bantuan Pusat (APBN dan APBNP)

 

 

 

1

Pusat Layanan TIK

 Rp    50,000,000

 

 

2

Pembangunan Ruang Praktik Siswa 2 Lokal

 Rp  320,000,000

 

 

 

 

 

 Rp     370,000,000

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH TOTAL

 

 Rp  1,054,015,100

         

B.

PENGELUARAN

   

NO

 

RENCANA BELANJA

 JUMLAH

 

 

 

 

 

I

Pengeluaran Rutin

 

 

 

1

Gaji GTY dan PTY

 Rp  118,480,000

 

 

2

Gaji GTT

 Rp  125,000,000

 

 

3

Transportasi Wakasek dan Wali Kelas

 Rp    25,000,000

 

 

4

Listrik, Air dan Telepon

 Rp    57,500,000

 

 

5

Perjalanan Dinas

 Rp     8,500,000

 

 

6

Kegiatan Ekstrakokurer

 Rp    10,000,000

 

 

7

Konsumsi

 Rp     5,000,000

 

 

8

ATK

 Rp    15,000,000

 

 

9

Bahan Praktik Siswa

 Rp    25,510,000

 Rp     389,990,000

 

 

 

 

 

II

Pendidikan Gratis

 

 

 

1

Standar Pengelolaan

 Rp    14,840,500

 

 

2

Standar Penilaian

 Rp  100,931,100

 Rp     115,771,600

 

 

 

 

 

III

Operasional Pendidikan (BOP)

 

 

 

1

Alat Tulis Kantor

 Rp    13,402,000

 

 

2

Penggandaan alat/bahan praktek siswa

 Rp    20,224,700

 

 

3

Makan dan Minum

 Rp     4,500,000

 

 

4

Alat Bantu Pembelajaran

 Rp    10,500,000

 

 

5

Pemeliharaan Bangunan Gedung

 Rp    11,800,000

 

 

6

Pemeliharaan / Perawatan Meubeler

 Rp     8,656,000

 

 

7

Pemeliharaan / Perawatan alat praktek

 Rp     9,840,800

 

 

8

Pelaksanaan Ujian Sekolah

 Rp     4,500,000

 

 

9

Peningkatan Mutu Pendidikan

 Rp     7,700,000

 Rp       91,123,500

 

 

 

 

 

IV

Operasional Sekolah (BOS)

 

 

 

 

ATK

 Rp     6,000,000

 

 

 

Penerimaan (revenue)

 Rp     3,240,000

 

 

 

Penggandaan buku teks pelajaran

 Rp     2,740,000

 

 

 

Penggandaan soal ujian

 Rp     3,000,000

 

 

 

Pembelian alat dan bahan habis

 Rp     6,950,000

 

 

 

Pembinaan Kesiswaan

 Rp     6,000,000

 

 

 

Praktek Kerja Industri

 Rp     1,640,000

 

 

 

Pemeliharaan dan perbaikan

 Rp     2,500,000

 

 

 

Penyusunan laporan

 Rp        500,000

 

 

 

Pembuatan formulir siswa baru (PSB)

 Rp        260,000

 Rp       32,830,000

 

 

 

 

 

V

Pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

 

 

 

1

Ujian Sekolah

 Rp     6,500,000

 

 

2

Ujian Nasional

 Rp     2,834,000

 

 

3

Uji Kompetensi Kejuruan

 Rp    18,686,000

 Rp       28,020,000

 

 

 

 

 

VI

Bea Siswa

 

 

 

1

Bantuan Siswa (APBD)

 Rp     2,100,000

 

 

2

Bantuan Siswa (DEKON)

 Rp    24,180,000

 Rp       26,280,000

 

 

 

 

 

VII

Pusat Layanan TIK

 

 

 

1

Pengumpulan, Pengolahan dan updatting data

 Rp     7,018,000

 

 

2

Pembelajaran berbasis TIK

 Rp     7,375,000

 

 

3

Pemberdayaan dan pengembangan layanan pusat TIK

 Rp    35,607,000

 Rp       50,000,000

 

 

 

 

 

VIII

Pembangunan Ruang Praktek Siswa

 

 Rp     320,000,000

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH TOTAL

 

 Rp  1,054,015,100

 

 

 

 


 

BAB  VI

SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI

 

  1. A.        SUPERVISI

Supervisi sekolah oleh Pengawas SMK Dinas Pendidikan Kota

  1. Kepala Sekolah
  2. Tenaga Pendidik
  3. Tenaga Kependidikan

 

  1. B.        MONITORING
    1. Monitoring oleh Kepala Sekolah
      1. Pengembangan dan implementasi program kegiatan
      2. Kinerja profesional guru
      3. Kinerja tata usaha
      4. Kegiatan pembelajaran di kelas
      5. Kegiatan kesiswaan
      6. Pengembangan sarpras
      7. Pengalokasian dana
      8. Monitoring oleh Tim Calon SSN
        1. Realisasi kegiatan
        2. Target pencapaian

 

  1. C.        EVALUASI
    1. Pengukuran pencapaian sasaran dan target kegiatan
    2. Mengadakan upaya peningkatan realisasi kegiatan
    3. Menemukan hambatan pelaksanaan program
    4. Menemukan solusi atas semua kesulitan selama pelaksanaan

 

 


 



Pengirim : Anshar
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : Jorgefar -  [ldinovof@mail.ru]  Tanggal : 05/05/2024
Source:

- https://r7casino-888.online

Pengirim : KennethMed -  [pebueteltsu@mail.ru]  Tanggal : 04/05/2024

Source:

- https://elaprendizaje.com/kraken-off-sajt.html

ΠΊΡ€Π°ΠΊΠ΅Π½ ΠΎΡ„Ρ„ сайт

Pengirim : GermanVucky -  [giotacount@mail.ru]  Tanggal : 04/05/2024

Source:

- https://esseslot.info/kraken-gidra.html

kraken Π³ΠΈΠ΄Ρ€Π°

Pengirim : Brianjuile -  [guitire@mail.ru]  Tanggal : 04/05/2024

Source:

- <a href=https://ksshouji.com/kak-zajti-na-kraken-cherez-tor.html>ΠΊΠ°ΠΊ Π·Π°ΠΉΡ‚ΠΈ Π½Π° ΠΊΡ€Π°ΠΊΠ΅Π½ Ρ‡Π΅Ρ€Π΅Π· Ρ‚ΠΎΡ€</a>


ΠΊΠ°ΠΊ Π·Π°ΠΉΡ‚ΠΈ Π½Π° ΠΊΡ€Π°ΠΊΠ΅Π½ Ρ‡Π΅Ρ€Π΅Π· Ρ‚ΠΎΡ€

Pengirim : Jorgefar -  [ldinovof@mail.ru]  Tanggal : 03/05/2024
Source:

<a href=https://r-7-casino-space-888.ru>криптобосс ΠΊΠ°Π·ΠΈΠ½ΠΎ Ρ€ΡƒΠ»Π΅Ρ‚ΠΊΠ° ΠΆΠΈΠ²ΠΎΠ³ΠΎ Π΄ΠΈΠ»Π΅Ρ€Π°</a>

Pengirim : KennethMed -  [pebueteltsu@mail.ru]  Tanggal : 03/05/2024

Source:

- <a href=https://aarcae.com/kraken-ssylka-2krnk-biz.html>kraken ссылка 2krnk biz</a>


kraken ссылка 2krnk biz

Pengirim : Jorgefar -  [ldinovof@mail.ru]  Tanggal : 01/05/2024
Source:

<a href=https://r7-casinovin.ru>криптобосс ΠΊΠ°Π·ΠΈΠ½ΠΎ Ρ€Π΅ΠΉΡ‚ΠΈΠ½Π³ ΠΈΠ³Ρ€ΠΎΠΊΠΎΠ²</a>

Pengirim : MarcusVek -  [ldinovof@mail.ru]  Tanggal : 30/04/2024
Source:

- https://r7-casinospase77.ru

Pengirim : DavidNut -  [tarafer@mail.ru]  Tanggal : 30/04/2024
Source:

- http://crazyporn.fun

free porn xxx

Pengirim : Jorgefar -  [ldinovof@mail.ru]  Tanggal : 28/04/2024
Source:

- https://r-7-casino-fun-888.ru


   Kembali ke Atas