Artikel
RKAS SMK Amsir 1 Parepare Tahun 2013
Tanggal : 28-01-2013 13:01, dibaca 127261 kali.RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
Dalam rangka melaksanakan operasional sekolah yang berpijak pada prinsip pengelolaan secara transparan dan akuntable, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Amsir 1 Parepare merasa perlu menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Dengan adanya rencana ini, diharapkan SMK Amsir 1 Parepare mampu bersaing baik tingkat lokal maupun tingkat nasional.
Sebagaimana diketahui bahwa tujuan SMK Adalah menyiapkan tenaga kerja yang terampil untuk mengisi keperluan pembangunan, merubah status siswa dari beban menjadi asset bangsa. Oleh karena itu SMK diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang profesional dan dapat diandalkan sebagai faktor keunggulan menghadapi persainagan global.
Mengacu pada tujuan Sekolah Menengah Kejuruan dan Tuntutan Globalisasi, SMK Amsir 1 Parepare akan selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh sehingga tamatan mampu bersaing di pasar tenaga kerja.
Akhirnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ini, disampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, dan tak lupa mengucapkan terima kasih.
SISTEMATIKA RKAS
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
- Latar belakang
- Tujuan Situasional dan Sasaran
- Landasan hukum
- Sistematika penyusunan program
BAB II GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH
- Kondisi Pendidikan Saat Ini
- Kondisi Pendidikan satu tahun kedepan
- Identifikasi tantangan nyata
BAB III ANALISIS SWOT
- Analisis SWOT Internal dan Eksternal
- Alternatif Langkah-Langkah Pemecahan Persoalan
BAB IV VISI, MISI, DAN PROGRAM STRATEGI
- Visi Sekolah
- Misi Sekolah
- Tujuan
- Program Strategi
BAB V PROGRAM KEGIATAN DAN RENCANA PELAKSANAAN
- Evaluasi Ketercapaian Program Kegiatan Tahun Sebelumnya
- Prioritas Rencana Kegiatan satu tahun kedepan
- Rencana Pelaksanaan Program
- Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
BAB VI SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI
- Supervisi
- Monitoring
- Evaluasi
BAB VII PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
- A. LATAR BELAKANG
STM/SMK Amsir 1 Parepare awal berdirinya pada tanggal 01 Januari 1959 dengan status Berbantu. Sesuai perkembangannya sejak tahun 1965 berubah status berbantuan menjadi status bersubsidi sesuai SK Menteri Pendidikan No. 1238/BS/B.II, tanggal 10 Februari 1965, pada tangga 01 Februari 1986 statusnya berubah menjadi Diakui dan yang terakhir pada tanggal 01 Desember 2000 hingga sekarang Statusnya Disamakan. Perjalanan sebagai lembaga pendidikan STM/SMK Amsir 1 Parepare sejak tahun 1966 hingga tahun 2012 telah menamatkan Siswa/Siswi ± 5.000 lulusan.
Kemajuan pembangunan bidang pendidikan harus melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk Alumni, karena alumni adalah bagian yang tak terpisahkan dengan sekolah sebagai almamaternya. Alumni sebagai unsur yang berpotensi untuk dapat dilibatkan dan diberdayakan dalam proses pengembangan sekolah, yang selama ini pada umumnya sekolah belum melibatkan secara langsung, padahal alumni sebagai bagian dari masyarakat yang ikutserta bertanggungjawab dalam pengelolaan pendidikan.
Road Map Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2006-2010 ditetapkan program-program pembangunan dan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan secara bertahap dan berkesinambungan, dengan prioritas pembinaan dan pengembangan diarahkan pada :
- Perluasan dan Pemerataan Akses SMK dengan membangun sekolah baru, penambahan ruang kelas baru, rehab bangunan, dan meningkatkan daya tampung yang sudah ada melalui pendekatan pengelolaan yang lebih efektif dan efisien;
- Meningkatkan Mutu, Relevansi, dan daya saing SMK dengan mengembangkan sejumlah SMK SBI, SMK SSN, revitalisasi peralatan, dan pengadaan sarana prasarana pembelajaran lainnya;
- Meningkatkan Manajemen SMK dengan menerapkan Prinsip Good Governance yang mengacu ISO 9001:2000.
SMK Amsir 1 Parepare merupakan institusi pendidikan yang mengembang misi pengembangan tenaga kejuruan tingkat menengah terus-menerus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan lulusannya. Dengan motto “Bukan Sekedar Mendidik” SMK Amsir 1 terus berupaya menciptakan suasana yang kondusif dan mendukung hal tersebut.
Pendidikan yang berlangsung dimasyarakat mengalami perubahan amat cepat, oleh karena itu harus dikelola dinamis, kreatif dan inovatif. Paradigma baru dan konsep baru untuk menyempurnakan pendekatan pengembangan pendidikan yang sudah dilaksanakan selama ini, sehingga pendidikan menjadi lebih efektif dan dapat mensejahterakan masyarakat bangsa dan negara. Untuk mendukung pradigma baru tersebut SMK Amsir 1 berupaya melakukan inovasi pada sistim pendidikannya dengan penerapan CBT, CBA dan CBC sebagai suatu Kerangka Kualitas Kerja. Peningkatan Kualitas tersebut didukung pula dengan pengadaan fasilitas yang menunjang untuk menyiapkan suatu program keahlian yang berstandar nasional maupun Internasional.
Untuk memenuhi hal tersebut SMK Amsir 1 telah berupaya menggandeng pihak lain dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan sistim pendidikan baik dalam lingkup regional, nasional maupun internasional.
- B. TUJUAN SITUASIONAL DAN SASARAN
Tujuan utama penyusunan RKA SMK Amsir 1 Parepare adalah agar mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan sehingga tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah dapat dicapai. Oleh karena itu tujuan situasional dan sasaran SMK Amsir 1 Parepare adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan rata-rata pencapaian KKM semua mapel dari 70 menjadi 80
- Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 8,31 menjadi 9,00
- Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUS dari 7,95 menjadi 8,50
- Meningkatkan Perolehan jumlah kejuaraan dari 1 jenis/bidang menjadi 5jenis/bidang pada tk kabupaten (olahraga)
- Meningkatkan Persentase kelulusan dari 99 % menjadi 100%
- Meningkatkan Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dari 50% menjadi 80%
- Tersusunnya Buku Revisi KTSP untuk masing-masing kompetensi keahlian
- Tersusunnya silabus dari 90 % menjadi 100% mapel
- Tersusunnya RPP dari 90% menjadi 100% untuk semua mapel.
- Tersusunnya pemetaan SK dan KD dari 60% menjadi 100%
- Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar oleh guru dari 80% menjadi 100%
- Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa dari 60% menjadi 80%
- Meningkatkan Penerapan CTL dengan menggunakan multi media dari 60% menjadi 100 %
- Meningkatkan Penerapan pembelajaran tuntas dari 50% menjadi 100%
- Meningkatkan Penerapan PAIKEM/PAKEM dari 50% menjadi 70%
- Meningkatkan Variasi model penilaian dari 50 % menjadi 70% variatif
- Meningkatkan Pengolahan/analisis hasil penilaian berbasis TIK dari 50% menjadi 80%
- Meningkatkan kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi minimal 2 kali/tahun
- Memiliki tim khusus untuk kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
- Meningkatkan kemampuan kewirausahaan dari 80 % menjadi 85%baik
- Meningkatkan kemampuan pengelolaan administrasi sekolah/keuangan dari 60% menjadi 100%
- Memiliki ruang selain ruang kelas yang standar
- Melengkapi sarana dan prasarana laboratorium komputer
- Memiliki Jaringan internet yang terkoneksi dengan semua instalasi sekolah, PAS, dan SIM berbasis TIK
- Meningkatkan sarana dan prasarana olah raga
- Memiliki Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) untuk sekolah standar nasional
- Meningkatkan pemberdayaan Komite Sekolah
- Meningkatkan Frekuensi dan kualitas ulangan harian minimal sebanyak jumlah KD pada masing-masing mata pelajaran
- Meningkatkan kualitas Ulangan tengah semester/ulangan akhir semester/ulangan kenaikan kelas dari 95% menjadi 100% baik
- Meningkatkan Kesadaran budaya bersih dari 70% menjadi 100%
- Meningkatkan Kesadaran warga sekolah dalam mentaati peraturan 80%menjadi 100%
- Meningkatkan pemeliharaan dan pembenahan taman 10% menjadi 20% dari lahan kosong.
- Meningkatkan budaya islami dengan mengembangkan kegiatan baca Al-qur’an
- Meningkatkan kenyamanan ruang kelas dan ruang pendukung lain
- C. LANDASAN HUKUM
- Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
- Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,
- Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal,
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010 - 2014.
- D. SISTIMATIKAN PENYUSUNAN PROGRAM
Sistematika penyusunan program SMK Amsir 1 Parepare, adalah sebagai berikut :
- terpadu, mencakup perencanaan keseluruhan program yang akan dilaksanakan oleh sekolah,
- multi-tahun, mencakup periode empat tahun,
- multi-sumber, mengindikasikan jumlah dan sumber dana masing-masing program. Misalnya dari BOS, BOP, APBD, DEKON, APBN, dan sumbangan darimasyarakat atau sumber dana lainnya,
- berbasis kinerja, adalah semua program/kegiatan memiliki indikator-indikator yang harus dicapai dengan jelas,
- disusun secara partisipatif oleh kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah dan dewan pendidik dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya,
- mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa ke dalam program dan kegiatan sekolah/madrasah,
- sensitif terhadap isu jender, adalah adanya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam penyusunan program,
- responsif terhadap keadaan bencana, menunjukan daya tanggap sekolah/madrasah terhadap kemungkinan terjadinya bencana, dan
- pelaksanaannya dimonitor dan dievaluasi oleh komite sekolah/madrasah dan pemangku kepentingan lainnya.
BAB II
GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH
- A. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
Pendidikan di kota Parepare khususnya jenjang SMK telah melaksanakan kurikulum KTSP untuk Semua Kompetensi Keahlian baik pada tingkat X, XI dan XII yang menitikberatkan pengembangan kompetensi peserta didik yang dapat dan mampu mengembangkan kemampuan dirinya pada kehidupan sehari-hari (life skill). Saat ini SMK Amsir 1 Parepare menekankan proses belajar mengajar yang diharapkan oleh masyarakat dan pemerintah khususnya dunia pendidikan, secara bertahap berisi muatan pelajaran dalam kurikulum setingkat lebih tinggi dari muatan pelajaran dengan tidak meninggalkan ketetapan dari BNSP (kurikulum Plus).
Proses belajar mengajar di SMK Amsir 1 Parepare sangat kondusif, bejalan sebagaimana mestinya. Dalam pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan mengamanatkan pola pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif, dan menyenangkan. Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus mau meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik. Guru–guru di SMK Amsir 1 Parepare telah berupaya untuk mengimplementasikan pola pembelajaran yang diamanatkan dalam kurikulum. Namun masih banyak mengalami kendala. Permasalahan yang muncul guru belum siap menghadapi perubahan, fasilitas kurang memadai, serta infrastruktur yang mendukung pelaksanaan kurikulum belum memadai. Namun demikian guru-guru siap melaksanakan kurikulum dengan segala keterbatasan.
Pada Tahun Pelajaran 2012/2013 SMK Amsir 1 Parepare dikelola oleh seorang Kepala Sekolah, 58 tenaga pendidik terdiri 13 guru PNS, 45 guru yayasan/honorer, serta 6 tenaga Tata Usaha, 1 tenaga laboran, 1 tenaga Perpustakaan, 2 tenaga tukang kebun.
Untuk mendukung pengelolaan Sekolah berbagai fasilitas untuk mengembangkan diri sudah tersedia antara lain: laboratorium Komputer, ruang Multi Media, ruang perpustakaan, mushola, serta lapangan olahraga yang representatif. Untuk mengembangkan ICT, pada tahun pelajaran 2012/2013 sekolah telah memiliki jaringan internet yang dapat diakses di lingkungan sekolah.
Untuk menerapkkan pola pembelajaran yang “PAIKEM “ sebenarnya fasilitas sudah cukup memadai yang tersedia di ruang multi media walaupun masih belum lengkap benar. Namun yang menjadi kendala adalah kemampuan guru dalam menguasai teknologi masih rendah. Sekolah sudah berusaha menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Setiap mengambil suatu kebijakan pihak manajemen sekolah melibatkan semua unsur sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah, untuk diajak musyawarah.
- B. KONDISI PENDIDIKAN SATU TAHUN KEDEPAN
Pengembangan pembelajaran untuk tahun pelajaran 2012/2013 mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Baca Tulis Al-qur’an dan TIK kelas X, XI dan XII berbasis ICT.
SMK Amsir 1 memberikan pembinaan bagi peserta didik yang mampu berprestasi dalam bidang studi untuk mempersiapkan lomba-lomba akademik maupun non akademik, sehingga kedepan peserta didik SMK Amsir 1 Parepare mampu menjuarai lomba-lomba akademik maupun non akademik ditingkat nasional, selain itu SMK Amsir 1 Pareoare mampu memenuhi fasilitas sekolah yang bertaraf nasional, mulai dari lahan, gedung , dan sarana lainnya.
- C. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI) ANTARA KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI TERHADAP KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
Analisis pengidentifikasian tantangan nyata (KESENJANGAN KONDISI) antara kondisi pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan satu tahun ke depan, khususnya ditinjau dari delapan (8) aspek SNP, dalam mengidentifikasi tantangan nyata, maka diusahakan bersifat kuantitatif dan terukur. Untuk menghasilkan besarnya tantangan nyata yang terukur tersebut, maka dalam analisis pendidikan masa datang dalam tiap aspek SNP adalah menggunakan pedoman kepada: kriteria, standar, spesifikasi, dan lainnya dari peraturan perundangan yang berlaku atau kalau belum diatur secara eksplisit dapat menggunakan dasar-dasar konsep pendidikan yang ideal. Selisih antara kondisi ideal tiap aspek SNP terhadap kondisi nyata tiap aspek SNP adalah merupakan besarnya tantangan nyata yang harus diatasi sekolah.
Untuk situasi satu tahun kedepan, diharapkan SMK Amsir 1 Parepare tetap menjadi salah satu SMK Swasta favorit yang menjadi idaman masyarakat Parepare pada khususnya dan Propinsi Sulawesi Selatan pada umumnya. Upaya kearah itu akan dilakukan seleksi penerimaan peserta didik baru yang diperketat (input) sehingga dapat menghasilkan lulusan (output) yang memenuhi standar yang berkualitas serta mempunyai daya saing yang tinggi.
No. |
Aspek Pendidikan |
Kondisi Saat Ini |
Kondisi yang diharapkan 1 tahun ke depan |
Besarnya tantangan nyata |
I |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN |
|||
A |
Prestasi Akademik |
|
|
|
1 |
Rata-rata pencapaian KKM mapel US |
70 |
90 |
20 |
2 |
Rata-rata pencapaian KKM untuk Mapel UN |
65 |
85 |
30 |
3 |
Rata – rata ujian nasional |
|
|
|
4 |
Jumlah Lulusan yang melanjutkan pendidikan |
50 % |
80% |
30% |
5 |
Pengumpulan porto folio anak |
70 % |
100 % |
30 % |
6 |
Lomba Keterampilan siswa |
Juara 1 Tk. Kota |
Juara 1 Tk. Kota |
2 Bid. Lomba |
7 |
Lomba pembuatan web |
Juara 1 Tk. Kota |
Juara 1 Tk. Kota |
1 Tingkat |
B |
Prestasi Non Akademik |
|
|
|
1 |
Kejuaraan Kempo |
Juara 1 Tk. Propinsi |
Peringkat 1 Provinsi |
3 Tingkat |
2 |
Kejuaraan bola voli |
Juara 1 Tk. Kota |
Juara 1 Tk. Kota |
1 Tingkat |
|
|
|
|
|
II |
KURIKULUM |
|||
1 |
Tersusunnya Dokumen I |
90% |
100% |
10% |
2 |
Tersusunya Dokumen II KTSP semua Kompetensi Keahlian |
85% |
100% |
15% |
3 |
Pengembangan Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar semua mata pelajaran |
70% |
90% |
20% |
4 |
Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pengembangan Silabus dan RPP |
70% |
100% |
30% |
5 |
Dokumentasi Kurikulum |
90% |
100% |
10% |
|
|
|
|
|
III |
PROSES BELAJAR MENGAJAR |
|||
1 |
Kelengkapan silabus dan RPP oleh guru |
80 % |
100 % |
20 % |
2 |
Kelengkapan bahan ajar/sumber belajar |
65 % |
100 % |
35 % |
3 |
Jumlah Rombongan Belajar |
|
|
|
4 |
Jumlah siswa per rombel |
|
|
|
5 |
Rasio peserta didik dengan buku teks |
5:1 |
1:1 |
4 |
6 |
Pelaksanaan program yang menumbuhkan kreativitas Siswa dan guru |
85 % |
100 % |
15 % |
7 |
Penerapan prinsip PBM eksploratif, elaboratif, dan konfirmatif |
50 % |
100 % |
50 % |
8 |
Penerapan pembelajaran di luar kelas |
40 % |
80 % |
40% |
9 |
Penerapan pendekatan pembelajaran CTL |
80 % |
100% |
20 % |
10 |
Penerapan pendekatan pembelajaran tuntas |
95 % |
100% |
5% |
11 |
Penggunaan ICT dalam PBM |
50 % |
95 % |
45 % |
12 |
Pemanfaatan Internet dalam PBM |
30 % |
85 % |
50 % |
13 |
penggunaan multi media dalam PBM |
40 % |
100 % |
60 % |
14 |
Variasi model penilaian |
2 model |
5 model |
3 model |
15 |
Supervisi pembelajaran |
50 % |
80 % |
30 % |
|
|
|
|
|
IV |
SARANA DAN PRASARANA |
|||
1 |
Ruang wakil KS |
Belum standar |
Tersedia R wakil Kepala Sekolah |
Terbangun R. Wakil KS |
2 |
Ruang perpustakaan |
Belum standar |
Tersedia ruang yang terstandar |
Terbangun ruang perpus |
3 |
Ruang guru |
Belum standar |
Tersedia ruang guru yang terstandar |
Terbangun ruang guru |
4 |
Ruang multimedia TIK |
Sementara dibangun |
Tersedia R. multimedia |
Tambahan dana |
5 |
Fasilitas Multimedia |
Belum Lengkap |
Tersedia lengkap |
Penyediaan fasilitas lab multimedia |
6 |
Lab Bahasa |
1 buah |
3 buah |
2 buah |
7 |
Televisi |
2 buah |
3 buah |
1 buah |
8 |
LCD Projector |
8 buah |
20 buah |
12 buah |
9 |
Laptop |
24 buah |
30 buah |
6 buah |
10 |
Sambungan dan daya listrik |
4 meteran |
8 meteran |
4 meteran |
11 |
Komputer guru |
Belum Ada |
Tersedia lengkap |
Penyediaan di ruang guru |
12 |
Komputer TU |
2 buah |
5 buah |
3 buah |
13 |
Jaringan internet |
1 Mbps |
2 Mbps |
1 Mbps |
14 |
Sarana Olah raga |
50 % |
100 % |
50 % |
15 |
Lab komputer |
2 buah |
3 buah |
1 buah |
16 |
Komputer siswa |
18 buah |
40 buah |
22 buah |
17 |
Instalasi air bersih |
2 buah |
10 buah |
8 buah |
18 |
Kamar mandi dan WC |
4 buah |
10 buah |
6 buah |
|
|
|
|
|
V |
STANDAR PENGELOLAAN |
|||
1 |
Perangkat dokumen pelaksanaan rencana kerja/kegiatan |
70% |
100% |
30% |
2 |
Dokumen RKAS |
90% |
100% |
10% |
3 |
Dokumen PSB |
80 % |
100 % |
20 % |
4 |
Dokumen Pedoman Pembinaan Kesiswaan |
80 % |
100 % |
20 % |
5 |
Dokumen Tata tertib sekolah |
95 % |
100 % |
5 % |
6 |
Dokumen Kode etik Sekolah |
60 % |
100% |
40 % |
7 |
Dokumen Penugasan Guru |
90% |
100% |
10% |
8 |
Dokumen Struktur Organisasi |
90% |
100% |
10% |
9 |
Dokumen Pembagian tugas pokok dan fungsi |
80% |
100% |
20% |
10 |
Tim Work Supervisi, monitoring, evaluasi dan AKreditasi |
Tersusun 60 % |
100% |
40% |
11 |
Instrumen supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi |
Tersusun 60% |
100% |
40% |
12 |
Pelaporan hasil supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi |
Terlaksana 50% |
100% |
50% |
13 |
Dokumen keberadaan komite serta kemitraan dan peran serta masyarakat |
40 % |
100% |
60% |
14 |
Dokumen program kerja komite sekolah |
50% |
100% |
50% |
15 |
Kerjasam dengan pihak lain |
20 Instansi/DUDI |
30 Instansi/DUDI |
10 |
16 |
Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa |
240.000/tahun |
1 juta/tahun |
760.000 |
17 |
Kerjasama dangan PT |
1 Perguruan Tinggi |
3 Perguruan Tinggi |
2 PT |
VI |
TENAGA KEPENDIDIKAN / SDM |
|||
A |
KEPALA SEKOLAH |
|
|
|
1 |
Mengikuti latihan Kepemimpinan |
Belum Pernah |
Minimal 3 kali |
3 Kali |
2 |
Menahami manajerial Sekolah (MBS) |
75% memahami manajerial Sekolah |
95% memahami manajerial Sekolah |
20 % |
3 |
mengikuti pelatihan TIK |
2 kali |
4 kali |
2 kali |
4 |
Mengikuti pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah |
Belum Pernah |
Minimal 3 kali |
3 Kali |
|
|
|
|
|
B |
TENAGA PENDIDIK |
|
|
|
1 |
Kuliafikasi S1 |
95 % berkualifikasi S1 |
100 % berkualifikasi S1 |
5% |
2 |
Kuliafikasi S2 |
0 % berkualifikasi S2 |
10 % berkualifikasi S2 |
10% |
3 |
Menguasai komputer dan internet |
75 % menguasai komputer dan Internet |
90 % menguasai komputer dan Internet |
15% |
4 |
Mengikuti pelatihan TIK |
35% |
75% |
40% |
5 |
Pelatihan Belajar Tuntas, Penilaian dan evaluasi pembelajaran |
40% |
90% |
50% |
6 |
Pelatihan Penelitian Pendidikan (PTK) |
20% |
70% |
50% |
|
|
|
|
|
C |
TENAGA TU, LABORAN, PUSTAKAWAN,DLL |
|
|
|
1 |
Pelatihan TIK |
50 % |
100% |
50% |
2 |
Pelatihan manajemen sesuai bidangnya |
0 % |
80% |
80% |
3 |
Penempatan Sesuai dengan keahlian dan bidangnya |
40% |
90% |
50% |
|
|
|
|
|
VII |
KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN |
|||
1 |
Sumber dana |
2 sumber |
7 sumber |
5 sumber |
2 |
Kontribusi biaya persiswa pertahun |
Rp. 1.000.000,- |
Rp. 5.000.000,- |
4.000.000,- |
3 |
Pengalokasian Dana |
60 % untuk mencapai 8 Standar Nasional |
85% untuk mencapai 8 Standar Nasional |
25% |
4 |
Penggunaan Dana |
85% benar |
100% benar |
15 % |
5 |
Pelaporan Penggunaan Dana |
95% |
100% |
5% |
6 |
Dokumen Pendukung Pelaporan |
95% |
100% |
5% |
|
|
|
|
|
VIII |
STANDAR PENILAIAN |
|||
1 |
Pemahaman guru terhadap prinsip-prinsip penilaian |
75% |
100% |
25% |
2 |
Implementasi sistem penilaian dalam proses pembelajaran |
75% |
100% |
25% |
3 |
Penggunaan instrumen penilaian yang variatif |
70% |
100% |
30% |
4 |
Frekwensi Ulangan Harian |
80% |
100% |
20% |
5 |
Ulangan Tengah Semester |
100% |
100% |
0% |
6 |
Cakupan Materi Ulangan Akhir Semester |
50% |
100% |
50% |
7 |
Analisis dan tindak lanjut hasil penilaian |
50% |
100% |
50% |
8 |
Dokumentasi hasil penialaian |
80% |
100% |
20% |
BAB III
ANALISIS SWOT
- A. ANALISIS SWOT INTERNAL, DAN EKSTERNAL
Untuk mengenali tingkat kesiapan tiap fungsi dari keseluruhan fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan maka dilakukan analisis SWOT. Tingkat kesiapan fungsi dilakukan oleh tingkat kesiapan masing-masing faktor yang terlibat dalam setiap fungsi, baik faktor internal maupun eksternal. Berikut ini analisis SWOT untuk mengetahui tingkat kesiapan dari semua komponen di SMK Amsir 1 Parepare dalam upaya untuk meraih sasaran dalam periode tahun pelajaran 2012/2013.
Sasaran 1 : Peningkatkan kompetensi lulusan peserta didik dengan perolehan prestasi akademik dan non akademik.
No. |
Fungsi dan Faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan |
||
Siap |
Tdk Siap |
|||||
1 |
Fungsi PBM (Proses Belajar Mengajar) |
|
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Pemberdayaan peserta olimpiade sains, karya tulis, olahraga dan seni |
a. Guru mampu |
a. Guru Cukup mampu |
√
|
|
|
b |
Variasi metode yang dipakai |
b. Metode bervariasi |
b. Metode cukup mampu |
√
|
|
|
c |
Motivasi siswa |
c. Siswa termotivasi |
c. Siswa cukup termotivasi |
√
|
|
|
1.2 |
Faktor eksternal |
|
|
|
|
|
|
a. Motivasi |
a. Orang tua siap memotivasi anak |
a. Orang tua cukup memotivasi anak |
√ |
|
|
|
b. lingkungan sosial masyarakat |
b. Kondusif |
b. Kondusif |
√ |
|
2 |
Fungsi kesiswaan |
|
|
|
|
|
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
|
a. Motivasi Siswa |
a. Semangat tinggi |
a. 96% berkemauan tinggi |
√ |
|
|
|
b. Siswa berbakat |
b. 100% |
|
|
|
|
|
c. Motivasi Guru Pembimbing |
c. Fasilitator yang baik |
c. Fasilitator cukup baik |
√ |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
|
a. Dukungan orang tua |
a. Tinggi |
a. Memfasilitasi baik |
√ |
|
|
|
b. Lingkungan sosial masyarakat |
b. Kondusif |
b. Kondusif |
√ |
|
3 |
Fungsi pelatihan |
|
|
|
|
|
|
3.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
|
a. Petunjuk pelatihan |
a. Tersusun rapi |
a. Tersusun rapi |
√ |
|
|
|
b. Pelatihan dan pembinaan rutin setiap minggu sekali |
b. Aktif dilaksanakan |
b. Kurang aktif |
|
√ |
|
|
c. Memotivasi siswa untuk latihan secara aktif |
c. Rajin masuk dan aktif |
c. Kurang rajin |
|
√ |
|
3.2 |
Faktor Eksternal a. Intensif dalam lomba |
a. Diikuti |
a. Diikuti |
√ |
|
|
|
b. Dukungan orang tua dan masyarakat |
b. Mendukung sepenuhnya |
b. Mendukung |
√ |
|
4 |
Fungsi ketenangan |
|
|
|
|
|
|
4.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
|
a. Jumlah pembina |
a. Mencukupi |
a. Mencukupi |
√ |
|
|
|
b. Termotivasi Pembina |
b. Termotivasi |
b. Cukup Termotivasi |
√ |
|
|
|
c. Kelayakan pembina |
c. Layak |
c. Cukup Layak |
√ |
|
|
4.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
|
a. Tenaga pembina profesional |
a Memiliki tenaga profesional |
a. Cukup memiliki tenaga profesional |
√ |
|
|
|
b. Pengalaman pembina |
b. Berpengalaman |
b. Cukup berpengalaman |
√ |
|
|
|
c. Prestasi pembina |
c. Berprestasi |
c. Ada yang berprestasi |
√ |
|
Sasaran II : Pengembangan kurikulum dan pelaksanaan sistem penilaian tingkat satuan pendidikan secara optimal.
No. |
Fungsi dan faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan |
||
Siap |
Tdk siap |
|||||
1. |
Faktor pengembangan kurikulum |
|
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Tersusunnya kurikulum |
a. Dapat tersusun |
a. Telah tersusun |
√ |
|
|
b |
Tersedianya dokumen kurikulum KTSP |
b. Dapat tersedia |
b. Dalam tahap revisi |
√ |
|
|
c |
ditetapkannya dan terlaksananya model penilaian |
c. Dapat terlaksana |
c. Dalam tahap revisi |
√ |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Terjalinnya kerja sama dengan sekolah lain |
a. Dapat terjalin |
a. Dalam tahap menggalang informasi kerja sama |
√ |
|
|
b |
Mengadopsi dan mengadaptasi kurikulum |
b. Dapat |
b. Dalam tahap penyelesaian |
√ |
|
Sasaran III : Pengembangan proses belajar mengajar yang bermutu.
No. |
Fungsi dan faktornya |
Kriteria Peersiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan |
||
Siap |
Tdk siap |
|||||
1. |
Fungsi Kegiatan Belajar Mengajar |
|
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Penigkatan Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll |
a. Guru Profesiolisme |
a. Cukup Profesional |
√ |
|
|
b |
Metode mengajar yang sesuai |
b. Mengajar dengan metode yang variatif |
b. masih menggunakan metode konvensional. |
√ |
|
|
c |
Pemberdayaan siswa |
c. Guru mampu |
c.Guru cukup mampu |
√ |
|
|
d |
Hubungan guru dengan siswa |
d. Familiar dan disegani |
d. Familiar dan disegani |
√ |
|
|
e |
Penggunaan waktu belajar |
e. 100% efektif |
e. 90% efektif |
√ |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Kesiapan siswa dalam PBM berbasis ICT |
a. 100% siap |
a. 90% siap |
√ |
|
|
b |
Dukungan orang tua |
b. Mendukung |
b. Mendukung |
√ |
|
|
c |
Dukungan sosial masyarakat |
c. Mendukung |
c. Mendukung |
√ |
|
2 |
Fungsi Sarana dan Prasarana |
|
|
|
|
|
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
a. Tersedianaya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet |
b. Layak pakai |
a. Kurang |
|
√ |
|
b |
Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT |
b. Termotivasi |
b. Cukup termotivasi |
√ |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Dukungan orang tua |
a. Mendukung |
a. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
b |
Partisipasi masyarakat |
a. Aktif berpartisipasi |
b. Mendukung aktif |
√ |
|
|
c |
Kerja sama pemerintah pusat dan daerah |
c. Mendukung |
c. Mendukung dan berpartisipasi |
√ |
|
Sasaran IV : Pengembangan fasilitas, sarana dan prasarana dengan kualitas yang memada baik kualitas maupun kuantitas.
No. |
Fungsi dan faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan |
||
Siap |
Tdk siap |
|||||
1 |
Fungsi pendukung sarana |
|
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
|
a. Fasilitas dan sarana memadai |
a. Memadai |
a. Cukup memadai |
√ |
|
|
|
b. Komputer lengkap |
b. Lengkap |
b. Kurang lengkap |
|
√ |
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
|
a. Dukungan orang tua |
a. Mendukung |
a. Cukup mendukung |
√ |
|
|
|
b. Dukungan masyarakat |
b. Mendukung |
b. Cukup mendukung |
√ |
|
2 |
Fungsi sarana prasarana |
|
|
|
|
|
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Buku-buku yang relevan |
a. Memadai |
a. Kurang memadai |
|
√ |
|
b |
Media pembelajaran |
b. Mermadai |
b. Kurang memadai |
|
√ |
|
c |
Lab bahasa, multimedia, Lap IPA dll |
c. Memadai |
c. Kurang memadai |
|
√ |
|
d |
Pengelolaan laboratorium |
d. Ada dan memenuhi syarat |
d. Ada dan kurang memenuhi syarat |
|
√ |
|
e |
Dana penunjang |
e. Mencukupi |
e. Kurang cukup untuk kegiatan operasional |
|
√ |
|
2.2 |
Faktor eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Dukungan orang tua |
a. Mendukung |
a. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
b |
Kerja sama dengan pemerintah daerah Tingkat I dan II |
b. Mendukung |
b. Kurang mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
c |
Kerja sama dengan pihak lain yang tidak mengikat |
c. Mendukung |
c. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
3 |
Ketersediaan sarana prasarana |
|
|
|
|
|
|
3.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
a. Tersedianya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet |
b. Layak pakai |
a. Kurang |
√ |
|
|
b |
Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT |
b. Termotivasi |
b. Cukup termotivasi |
√ |
|
|
3.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Dukungan orang tua |
a. Mendukung |
a. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
b |
Partisipasi masyarakat |
a. Aktif berpartisipasi |
b. Mendukung aktif |
√ |
|
|
c |
Kerja sama pemerintah pusat dan daerah |
c. Mendukung |
c. Mendukung dan berpartisipasi |
√ |
|
Sasaran V : Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi kualifikasi profesional dalam mengelola pendidikan.
No. |
Fungsi dan faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan |
||
Siap |
Tdk siap |
|||||
1 |
Fungsi ketenangan |
|
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Jumlah guru |
a. 104 orang |
a. 104 orang |
√ |
|
|
b |
Kualifikasi guru |
b. 100% S - I |
b. 92% S -I |
√ |
|
|
c |
Kesesuaian Latar Belakang pendidikan |
c. 100% sesuai |
c. 90% sesuai |
√ |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Fasilitas pengembangan diri |
a. Terpenuhi |
a. Kurang |
|
√ |
|
b |
Dukungan komite |
b. Mendukung |
b. Cukup mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
c |
Dukungan dinas pendidikan |
c. Mendukung |
c. kurang mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
2 |
Fungsi Proses Belajar Mengajar |
|
|
|
|
|
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Penigkatan Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll |
a. Guru Profesiolisme |
a. Cukup Profesional |
√ |
|
|
b |
Metode mengajar yang inovatif |
b. Mengajar sesuai dengan standar proses |
b Belum berstandar . |
|
√ |
|
c |
Pemberdayaan siswa |
c. Guru mampu |
c.Guru cukup mampu |
√ |
|
|
d |
Hubungan guru dengan siswa |
d. Familiar dan disegani |
d. Familiar dan disegani |
√ |
|
|
e |
Penggunaan waktu belajar |
e. 100% efektif |
e. 96% efektif |
√ |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Kesiapan siswa menerima pelajaran |
a. 100% siap |
e. 96% siap |
√ |
|
|
b |
Dukungan orang tua |
b. Perhatian tinggi |
b. Penuh perhatian |
√ |
|
|
c |
Lingkungan sosial masyarakat |
c. Kondusif |
c. Kondusif |
√ |
|
|
d |
Tersedianya dana yang mencukupi |
d. Dana tercukupi |
d. Dana kurang tercukupi |
√ |
|
Sasaran VI : Mewujudkan manajemen dan pembiayaan sekolah yang partisipatif, proporsional, transparan dan akuntabel.
No. |
Fungsi dan faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tingkat Kesiapan |
||
Siap |
Tdk siap |
|||||
1. |
Fungsi Manajemn |
|
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Pemberdayaan tenaga pendidik & kependidikan |
a. Mampu |
a. Cukup mampu |
√ |
|
|
b |
Pengelolaan Manajemen sekolah ynag bertaraf internasional |
b. Dapat mengelola dan memanajemen |
b. Dalam taraf belajar |
√ |
|
|
c |
Dana penunjang |
c. Tersedia dan cukup |
c. Kurang cukup untuk kegiatan internasional |
√ |
|
|
1.2 |
Faktor eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Dukungan masyarakat ( sekolah dan pihak-pihak lain yang tidak mengikat) |
a. Mendukung |
a. Cukup mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
b |
Dukungan pemerintah |
b. Mendukung dan memperhatikan |
b. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
2 |
Fungsi Pendanaan |
|
|
|
|
|
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a |
Dukungan siswa |
a. 100% |
a. 95% siswa siap |
√ |
|
|
b |
Pemberdayaan unit produksi di sekolah |
b. 100% |
b. 85% siap |
√ |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a |
Dukungan komite |
a. Mendukung |
a. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
b |
Dukungan pemerintah daerah |
b. Mendukung |
b. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
|
c |
Dukungan pemerintah pusat |
c. Mendukung |
c. Mendukung dan memperhatikan |
√ |
|
- B. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN PERSOALAN
Sasaran 1 : Peningkatkan kompetensi lulusan peserta didik dengan perolehan prestasi akademik dan non akademik.
No. |
Komponen/faktor yang tidak siap |
Persolan pada komponen/faktor |
Alternatif pemecahan masalah |
||
1 |
Fungsi PBM (Proses Belajar Mengajar) |
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
Pemberdayaan peserta olimpiade sains, karya tulis, olahraga dan seni |
a. Guru cukup mampu |
a. Guru memotivsi siswa dengan maksimal |
|
|
b |
Variasi metode yang dipakai |
b. Metode cukup bervariasi |
b. Menamba variasi metode pembelajaran |
|
|
c |
Motivasi siswa |
c. Siswa cukup termotivasi |
c. Memberikan layanan bimbingn konseling |
|
|
1.2 |
Faktor eksternal |
|
|
|
|
|
a. Motivasi |
a. Orang tua cukup memotivasi anak |
- |
|
|
|
b. lingkungan sosial masyarakat |
b. Kondusif |
- |
|
2 |
Fungsi kesiswaan |
|
|
|
|
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a. Motivasi Siswa |
a. 96% berkemauan tinggi |
- |
|
|
|
b. Siswa berbakat |
b. 96% nilai baik |
- |
|
|
|
c. Motivasi Guru Pembimbing |
c. Fasilitator cukup baik |
c. guru selalu aktif dalam pengembangan pembelajaran |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a. Dukungan orang tua |
a. Mendukung |
- |
|
|
|
b. Lingkungan sosial masyarakat |
b. Kondusif |
- |
|
3 |
Fungsi pelatihan |
|
|
|
|
|
3.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a. Petunjuk pelatihan |
a. Tersusun rapi |
- |
|
|
|
b. Pelatihan dan pembinaan rutin setiap minggu sekali |
b. Kurang aktif |
b. Mengakifkan pelatihan dan pembinaan secara rutin |
|
|
|
c. Memotivasi siswa untuk latihan secara aktif |
c. Kurang rajin |
c. Memotivasi siswa untuk berlatih |
|
|
3.2 |
Faktor Eksternal a. Intensif dalam lomba |
a. Diikuti |
- |
|
|
|
b. Dukungan orang tua dan masyarakat |
b. Mendukung |
- |
|
4 |
Fungsi ketenangan |
|
|
|
|
|
4.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a. Jumlah pembina |
a. Mencukupi |
- |
|
|
|
b. Termotivasi Pembina |
b. Cukup termotivasi |
- |
|
|
|
c. Kelayakan pembina |
c. Cukup Layak |
c. Mengikut sertakan dalam berbagai pelatihan |
|
|
4.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a. Tenaga pembina profesional |
a Cukup memiliki tenaga profesional |
a. mengikut setakan dalam berbagai pelatihan |
|
|
|
b. Pengalaman pembina |
b. Cukup berpengalaman |
b. Menambah pengalaman |
|
|
|
c. Prestasi pembina |
c. Ada yang berprestasi |
c. Meningkakan prestasi pembina dalam berbagai ivent. |
|
Sasaran II : Pengembangan kurikulum dan pelaksanaan sistem penilaian tingkat satuan pendidikan secara optimal.
No. |
Komponen/faktor yang tidak siap |
Persolan pada komponen/faktor |
Alternatif pemecahan masalah |
||
1. |
Faktor pengembangan kurikulum |
|
|
||
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
Tersusunnya kurikulum berstandar internasional |
a. Dalam tahap penyusunan |
a. Menyusun kurikulum berstandar internasional melalui workshop dan MGMP |
|
|
b |
Tersedianya dokumen kurikulum |
b. Dalam tahap penyusunan |
||
|
c |
Ditetapkannya dan terlaksananya model penilaian |
c. Dalam tahap penyusunan |
c. Meyusun model penilaian |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
a |
Terjalinnya kerja sama dengan sekolah lain tentang pengembangan kurikulum |
a. Dalam tahap menggalang informasi kerja sama |
a. Menjalin kerjasama dengan sekolah lain |
|
|
b |
Mengadopsi dan mengadaptasi kurikulum |
b. Dalam tahap penyelesaian |
b. Mengkaji dan menganalisis kurikulum. |
Sasaran III : Pengembangan proses belajar mengajar yang bermutu.
No. |
Komponen/faktor yang tidak siap |
Persolan pada komponen/faktor |
Alternatif pemecahan masalah |
||
1. |
Fungsi Kegiatan Belajar Mengajar |
|
|
||
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
Penigkatan Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll |
a. Cukup Profesional |
a. Mengikuti pelatihan |
|
|
b |
Metode mengajar yang sesuai dan berstandar |
b Belum berstandar |
b. Menambah media pembelajaran |
|
|
c |
Pemberdayaan siswa |
c.Guru cukup mampu |
c. Memotivasi siswa |
|
|
d |
Hubungan guru dengan siswa |
d. Familiar dan disegani |
d. Menjalin hubungan keakraban |
|
|
e |
Penggunaan waktu belajar |
e. 96% efektif |
e. Memberikan les tambahan |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
a |
Kesiapan siswa dalam PBM bilingual berbasis ICT |
a. 90% siap |
a. Memotivasi siswa |
|
|
b |
Dukungan orang tua |
b. Mendukung |
b. Meningkatkan dukungan orang tua |
|
|
c |
Dukungan sosial masyarakat |
c. Mendukung |
c. Kerjasama dengan masyrakat sekitar |
|
2 |
Fungsi Sarana dan Prasarana |
|
|
||
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
a. Tersedianaya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet |
a. Kurang |
a. Melengkapi sarana dan prasarana |
|
|
b |
Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT |
b. Cukup termotivasi |
b. Memotivasi siswa |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
a |
Dukungan orang tua |
a. Mendukung dan memperhatikan |
a. Meningkatkan dukungan orang tua |
|
|
b |
Partisipasi masyarakat |
b. Mendukung aktif |
b.Menggalang partisipasi masyarakat |
|
|
c |
Kerja sama pemerintah pusat dan daerah |
c. Mendukung dan berpartisipasi |
c. Menjalin kerjasama |
Sasaran IV : Pengembangan fasilitas, sarana dan prasarana dengan kualitas yang memada baik kualitas maupun kuantitas.
No. |
Komponen/faktor yang tidak siap |
Persolan pada komponen/faktor |
Alternatif pemecahan masalah |
||
1 |
Fungsi pendukung sarana prasarana. |
|
|
|
|
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
|
a. Fasilitas dan sarana memadai |
a. Cukup memadai |
a. Menambah kelengkapan sarana prasarana |
|
|
|
b. Komputer lengkap |
b. Kurang Lengkap |
b. Menambah komputer secara bertahap |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
|
a. Dukungan orang tua |
a. Cukup mendukung |
- |
|
|
|
b. Dukungan masyarakat
|
b. Cukup mendukung |
- |
|
2 |
Fungsi sarana prasarana |
|
|
||
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
Buku-buku yang relevan berstandar internasional |
a. Kurang memadai |
a. Menambah buku-buku pembelajaran |
|
|
b |
Media pembelajaran |
b. Kurang memadai |
b. Melengkapi media pembelajaran |
|
|
c |
Lab bahasa, multimedia, Lap IPA dll |
c. Kurang memadai |
c. Menambah peralatanlaboratorium |
|
|
d |
Pengelolaan laboratorium |
d. Ada dan kurang memenuhi syarat |
d. Menambah tenaga pengelola laboratorium |
|
|
e |
Dana penunjang |
e. Kurang cuklup untuk kegiatan operasional |
e. Menggalisumber dana |
|
|
2.2 |
Faktor eksternal |
|
|
|
|
a |
Dukungan orang tua |
a. Mendukung dan memperhatikan |
a. Meningkatkan dukungan orang tua |
|
|
b |
Kerja sama dengan pemerintah daerah Tingkat I dan II |
b. Kurang mendukung dan memperhatikan |
b. Menjalin kerjasama dengan pemda |
|
|
c |
Kerja sama dengan pihak lain yang tidak mengikat
|
c. Mendukung dan memperhatikan |
c. Menjalin kerjasama dengan pihak lain |
|
3 |
Ketersediaan sarana prasarana |
|
|
||
|
3.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
a. Tersedianya fasilitas pendukung misalnya : Lab. Bahasa Multi Media, Lab. IPA jaringan iternet |
a. Kurang |
a. Menyediakan fasilitas pendukung laboratorium, multiedia dan jaringan internet. |
|
|
b |
Motivasi siswa dan guru secara optimal untuk menggunakan ICT |
b. Cukup termotivasi |
b. Memberikan intensif kepada guru dan siswa yang berprestasi |
|
|
3.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
a |
Dukungan orang tua |
a. Mendukung dan memperhatikan |
a. Memberdayakan komite sekolah |
|
|
b |
Partisipasi masyarakat |
b. Mendukung aktif |
b. Meningkatkan partisipasi masyarakat |
|
|
c |
Kerja sama pemerintah pusat dan daerah |
c. Mendukung dan berpartisipasi |
c. menjalin kerjasma |
Sasaran V : Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi kualifikasi profesional dalam mengelola pendidikan.
No. |
Komponen/faktor yang tidak siap |
Persolan pada komponen/faktor |
Alternatif pemecahan masalah |
||
1 |
Fungsi ketenangan |
|
|
||
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
Jumlah guru |
a. 104 orang |
- |
|
|
b |
Kualifikasi guru |
b. 92% S -I |
b. Memberikan beasiswa kualifikasi pendidikan |
|
|
c |
Kesesuaian Latar Belakang pendidikan |
c. 90% sesuai |
c. Mengankat tenaga honorer |
|
|
1.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
a |
Fasilitas pengembangan diri |
a. Kurang |
a. Melengkapi pasilitas |
|
|
b |
Dukungan komite |
b. Cukup mendukung dan memperhatikan |
b. Mengaktifkan komite sekolah |
|
|
c |
Dukungan dinas pendidikan |
c. kurang mendukung dan memperhatikan |
c. Mencari dukungan dengan dinas pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Fungsi Proses Belajar Mengajar |
|
|
||
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
|
|
a |
Penigkatan Profesiolisme guru mulai pelatihan, wrshop, dll |
a. Cukup Profesional |
a. Mengikuti pelatihan |
|
|
b |
Metode mengajar yang sesuai dan berstandar |
b Belum berstandar. |
B. Mengaktifkan MGMP |
|
|
c |
Pemberdayaan siswa |
c.Guru cukup mampu |
c.Memotivasi siswa |
|
|
d |
Hubungan guru dengan siswa |
d. Familiar dan disegani |
d. Menjalin hubungan keakraban |
|
|
e |
Penggunaan waktu belajar |
e. 96% efektif |
e. Memberikan les tambahan |
|
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
|
|
a |
Kesiapan siswa menerima pelajaran |
a. 96% siap |
a. Memotivasi siswa |
|
|
b |
Dukungan orang tua |
b. Penuh perhatian |
- |
|
|
c |
Lingkungan sosial masyarakat |
c. Kondusif |
- |
|
|
d |
Tersedianya dana yang mencukupi |
d. Dana kurang tercukupi |
d. Menggali sumber dana lain |
Sasaran VI : Mewujudkan manajemen dan pembiayaan sekolah yang partisipatif, proporsional, transparan dan akuntabel.
No. |
Komponen/faktor yang tidak siap |
Persolan pada komponen/faktor |
Alternatif pemecahan masalah |
|||
1. |
Fungsi Manajemn |
|
|
|||
|
1.1 |
Faktor Internal |
|
|
||
|
a |
Pemberdayaan tenaga pendidik & kependidikan |
a. Cukup mampu |
a. Menyusun Tupoksi |
||
|
b |
Pengelolaan Manajemen sekolah yang berstandar |
b. Dalam taraf pengembangan |
b. Mengikui pelatihan manajemen |
||
|
c |
Dana penunjang |
c. Kurang cukup untuk kegiatan pengembangan sekolah |
c. Efesiensi dan efektifitas penggunaan dana |
||
|
1.2 |
Faktor eksternal |
|
|
||
|
a |
Dukungan masyarakat ( sekolah dan pihak-pihak lain yang tidak mengikat) |
a. Cukup mendukung dan memperhatikan |
- |
||
|
b |
Dukungan pemerintah |
b. Mendukung dan memperhatikan |
- |
||
2 |
Fungsi Pendanaan |
|
|
|||
|
2.1 |
Faktor Internal |
|
|
||
|
a |
Dukungan siswa |
a. 95% siswa siap |
a. Siap menyumbang |
||
|
b |
Pemberdayaan unit produksi di sekolah |
b. 85% siap |
- |
||
|
2.2 |
Faktor Eksternal |
|
|
||
|
a |
Dukungan komite |
a. Mendukung dan memperhatikan |
- |
||
|
b |
Dukungan pemerintah daerah |
b. Mendukung dan memperhatikan |
- |
||
|
c |
Dukungan pemerintah pusat |
c. Mendukung dan memperhatikan |
- |
||
|
BAB IV
VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM STRATEGI
- A. Visi SMK Amsir 1 Parepare
Terampil dan Mandiri Dalam Bidang Keahlian Yang Berwawasan IMTAQ dan IPTEK Menuju Era Globalisasi
INDIKATOR :
- Terwujudnya pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang bermutu, efesien, dan relevan.
- Terwujudnya kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Tercapainya standar kompetensi lulusan (SKL) yang berdaya saing.
- Tersedianya sarana prasarana dan fasilitas pendidikan yang memadai dalam jumlah dan berkualitas.
- Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi profesional.
- Terwujudnya penilaian pendidikan yang memenuhi standar penilaian.
- Tewujudnya pendidikan yang adil, merata, dan bermutu dengan output yang berdaya saing.
- Terwujudnya sistem manajeman partisipatif, proporsional, transparan, dan akuntabel.
- Terwujudnya sikap dan budi pekerti yang luhur yang dilandasi iman dan taqwa.
- B. Misi SMK Amsir 1 Parepare
- Meningkatkan pembinaan IMTAQ dan IPTEK terhadap siswa melalui program Normatif dan Adaptif.
- Membentuk Calon tenaga kerja produktif, terampil dan mandiri dalam Bidang Teknologi dan Kesehatan melalui Program Kerja Industri (Prakerin)
- Meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan menjadi Profesional untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil.
- Menjadikan Lembaga yang berwawasan BESTRIA (Bersih, Sehat, Tertib, Rapi, Indah, Aman)
C. Tujuan SMK Amsir 1 Parepare
- Meningkatkan iman, taqwa, dan akhlak mulia, serta kualitas jasmani peserta didik
- Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan/atau meluaskan pendidikan dasar
- Meningkatkan daya saing dengan menghasilkan lulusan yang mandiri, bermutu, terampil, ahli dan profesional, mampu belajar sepanjang hayat, serta memiliki kecakapan hidup yang dapat membantu dirinya dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan
- Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.
- Mendidik Sumberdaya Manusia yang mempunyai etos kerja dan kompetensi berstandar Internasional.
- Memberikan berbagai Layanan Pendidikan Kejuruan yang Permeable dan Fleksibel secara terintegrasi pada jalur Pendidikan Kejuruan.
- Memperluas layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.
- Mengoptimalkan sumber daya pendidikan untuk meningkatkan layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.
- D. Program Strategi
- Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah dalam berbagai bidang baik akademik maupun non akademik.
- Mengembangkan fasilitas, sarana dan prasarana yang memenuhi kualitas dan kuantitas.
- Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi kualifikasi dalam bidangnya.
- Mewujudkan manajemen dan pembiayaan yang memadai, proporsional, transparan dan akuntabel.
- Pengembangan proses belajar mengajar berbasis ICT.
- Pengembangan kurikulum dan pelaksanaan sistem penilaian tingkat satuan pendidikan yang terstandar.
BAB V
PROGRAM KEGIATAN DAN RENCANA PELAKSANAAN
- A. EVALUASI KETERCAPAIAN PROGRAM KEGIATAN TAHUN SEBELUMNYA
Uraian program kegiatan yang telah dilaksanakan serta ketercapaian pada tahun sebelumnya mengacu pada SNP (8 Standar Nasional) dan program kegiatan yang belum tercapai serta kendalanya.
- B. PRIORITAS RENCANA KEGIATAN SATU TAHUN KEDEPAN
- Pemenuhan Standar Isi:
- Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
- Pengembangan silabus
- Pengembangan RPP
- Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya
- Pengembangan Panduan Pembelajaran
- Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar
- Pemenuhan Standar Proses:
- Pemenuhan persiapan pembelajaran
- Pemenuhan persyaratan pembelajaran
- Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
- Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
- Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
- Pemenuhan SKL:
- Peningkatan prestasi bidang akademik
- Peningkatan prestasi bidang non akademik
- Peningkatan jumlah kelulusan
- Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
- Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
- Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
- Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
- Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
- Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
- Pemenuhan srana dan prasarana minimal
- Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
- Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
- Pemenuhan Standar Pengelolaan:
- Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
- Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
- Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
- Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
- Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
- Pengembangan SIM sekolah
- Pengembangan standar ISO: 9001 tahun 2008
- Pemenuhan Standar Pembiayaan Pendidikan:
- Peningkatan sumber dana pendidikan
- Pengembangan pengalokasian dana
- Pengembangan penggunaan dana
- Peningkatan pelaporan penggunaan dana
- Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
- Pengembangan income generating unit/unit produksi/unis usaha sekolah
- Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
- Peningkatan frekuensi ulangan harian
- Peningkatan pelaksanaan UTS
- Pengembangan materi UAS
- Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
- Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
- Pengembangan instruman ulangan harian
- Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas
- Pengembangan instrumen UTS
- Pengembangan instrumen UAS
- Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
- Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
- Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian
- Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
- Pengembangan budaya bersih
- Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
- Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
- Penciptaan budaya tata krama “in action”
- Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K
- Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll
- C. RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN
No. |
PROGRAM KEGIATAN |
I |
PENINGKATAN SKL |
|
|
|
1.1 Tambahan jam pelajaran kelas XII 1.2 Try Out UN 1.3 Kegiatan ujian nasional dan sekolah termasuk pengolahan STTB dan SKHU |
|
2 Pendalaman SKL tiap mata pelajaran yang telah dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. |
|
|
|
|
|
|
|
5.1 Lomba antar Sekolah, Kota s.d tk nasional |
|
5.2 Kegiatan pertandingan antar kelas |
|
5.3 Kegiatan pameran, pentas, unjuk bakat dan ketrampilan siswa
|
II |
PENGEMBANGAN STANDAR ISI |
|
|
III |
PEMENUHAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN |
|
|
|
9.1 Kegiatan PPDB 9.2 MOS 9.3 Kegiatan out door (kemah,hiking,out bond) 9.4 Kegiatan pelatihan kepemimpinan pengurus OSIS 9.5 Kegiatan karya tulis ilmiah dan experiment/jurnalistik
|
IV |
PROGRAM PENINGKATAN kOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN SESUAI DENGAN STADAR INTERNASIOANAL |
|
|
V |
PENGEMBANGAN SARPRAS SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL |
|
|
VI |
PENGEMBANGAN PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH |
|
|
VII |
PEMENUHAN STANDAR PENILAIAN |
|
|
- D. RENCANA ANGGARAN SEKOLAH
|
RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH ( RAPBS ) |
|||
SMK AMSIR 1 PAREPARE TAHUN 2012/2013 |
||||
|
|
Jl. Bau Massepe No. 52 A Parepare |
|
|
A. |
PENDAPATAN |
|||
NO |
|
RENCANA PENDAPATAN |
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
I |
SEKOLAH |
|
|
|
|
1 |
SPP Kelas X, XI, XII |
Rp 299,040,000 |
|
|
2 |
Unit Produksi dan Jasa |
Rp 10,000,000 |
|
|
3 |
Dana Pembinaan Pendidikan |
Rp 80,950,000 |
|
|
|
|
Rp 389,990,000 |
|
II |
Bantuan APBD |
|
|
|
|
1 |
Pendidikan Gratis |
Rp 115,771,600 |
|
|
2 |
Bantuan Operrasional Pendidikan (BOP) |
Rp 91,123,500 |
|
|
3 |
Pelaksanaan UN Kelas XII |
Rp 24,300,000 |
|
|
4 |
Siswa Miskin |
Rp 2,100,000 |
|
|
|
|
Rp 233,295,100 |
|
III |
Bantuan Propinsi (DEKON) |
|
|
|
|
1 |
Bantuan Operasional Siswa |
Rp 32,830,000 |
|
|
2 |
Pelaksanaan UN Kelas XII |
Rp 3,720,000 |
|
|
3 |
Bantuan Keluarga Miskin |
Rp 24,180,000 |
|
|
|
|
Rp 60,730,000 |
|
IV |
Bantuan Pusat (APBN dan APBNP) |
|
|
|
|
1 |
Pusat Layanan TIK |
Rp 50,000,000 |
|
|
2 |
Pembangunan Ruang Praktik Siswa 2 Lokal |
Rp 320,000,000 |
|
|
|
|
Rp 370,000,000 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH TOTAL |
|
Rp 1,054,015,100 |
B. |
PENGELUARAN |
|||
NO |
|
RENCANA BELANJA |
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
I |
Pengeluaran Rutin |
|
|
|
|
1 |
Gaji GTY dan PTY |
Rp 118,480,000 |
|
|
2 |
Gaji GTT |
Rp 125,000,000 |
|
|
3 |
Transportasi Wakasek dan Wali Kelas |
Rp 25,000,000 |
|
|
4 |
Listrik, Air dan Telepon |
Rp 57,500,000 |
|
|
5 |
Perjalanan Dinas |
Rp 8,500,000 |
|
|
6 |
Kegiatan Ekstrakokurer |
Rp 10,000,000 |
|
|
7 |
Konsumsi |
Rp 5,000,000 |
|
|
8 |
ATK |
Rp 15,000,000 |
|
|
9 |
Bahan Praktik Siswa |
Rp 25,510,000 |
Rp 389,990,000 |
|
|
|
|
|
II |
Pendidikan Gratis |
|
|
|
|
1 |
Standar Pengelolaan |
Rp 14,840,500 |
|
|
2 |
Standar Penilaian |
Rp 100,931,100 |
Rp 115,771,600 |
|
|
|
|
|
III |
Operasional Pendidikan (BOP) |
|
|
|
|
1 |
Alat Tulis Kantor |
Rp 13,402,000 |
|
|
2 |
Penggandaan alat/bahan praktek siswa |
Rp 20,224,700 |
|
|
3 |
Makan dan Minum |
Rp 4,500,000 |
|
|
4 |
Alat Bantu Pembelajaran |
Rp 10,500,000 |
|
|
5 |
Pemeliharaan Bangunan Gedung |
Rp 11,800,000 |
|
|
6 |
Pemeliharaan / Perawatan Meubeler |
Rp 8,656,000 |
|
|
7 |
Pemeliharaan / Perawatan alat praktek |
Rp 9,840,800 |
|
|
8 |
Pelaksanaan Ujian Sekolah |
Rp 4,500,000 |
|
|
9 |
Peningkatan Mutu Pendidikan |
Rp 7,700,000 |
Rp 91,123,500 |
|
|
|
|
|
IV |
Operasional Sekolah (BOS) |
|
|
|
|
|
ATK |
Rp 6,000,000 |
|
|
|
Penerimaan (revenue) |
Rp 3,240,000 |
|
|
|
Penggandaan buku teks pelajaran |
Rp 2,740,000 |
|
|
|
Penggandaan soal ujian |
Rp 3,000,000 |
|
|
|
Pembelian alat dan bahan habis |
Rp 6,950,000 |
|
|
|
Pembinaan Kesiswaan |
Rp 6,000,000 |
|
|
|
Praktek Kerja Industri |
Rp 1,640,000 |
|
|
|
Pemeliharaan dan perbaikan |
Rp 2,500,000 |
|
|
|
Penyusunan laporan |
Rp 500,000 |
|
|
|
Pembuatan formulir siswa baru (PSB) |
Rp 260,000 |
Rp 32,830,000 |
|
|
|
|
|
V |
Pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional |
|
|
|
|
1 |
Ujian Sekolah |
Rp 6,500,000 |
|
|
2 |
Ujian Nasional |
Rp 2,834,000 |
|
|
3 |
Uji Kompetensi Kejuruan |
Rp 18,686,000 |
Rp 28,020,000 |
|
|
|
|
|
VI |
Bea Siswa |
|
|
|
|
1 |
Bantuan Siswa (APBD) |
Rp 2,100,000 |
|
|
2 |
Bantuan Siswa (DEKON) |
Rp 24,180,000 |
Rp 26,280,000 |
|
|
|
|
|
VII |
Pusat Layanan TIK |
|
|
|
|
1 |
Pengumpulan, Pengolahan dan updatting data |
Rp 7,018,000 |
|
|
2 |
Pembelajaran berbasis TIK |
Rp 7,375,000 |
|
|
3 |
Pemberdayaan dan pengembangan layanan pusat TIK |
Rp 35,607,000 |
Rp 50,000,000 |
|
|
|
|
|
VIII |
Pembangunan Ruang Praktek Siswa |
|
Rp 320,000,000 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH TOTAL |
|
Rp 1,054,015,100 |
BAB VI
SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI
- A. SUPERVISI
Supervisi sekolah oleh Pengawas SMK Dinas Pendidikan Kota
- Kepala Sekolah
- Tenaga Pendidik
- Tenaga Kependidikan
- B. MONITORING
- Monitoring oleh Kepala Sekolah
- Pengembangan dan implementasi program kegiatan
- Kinerja profesional guru
- Kinerja tata usaha
- Kegiatan pembelajaran di kelas
- Kegiatan kesiswaan
- Pengembangan sarpras
- Pengalokasian dana
- Monitoring oleh Tim Calon SSN
- Realisasi kegiatan
- Target pencapaian
- Monitoring oleh Kepala Sekolah
- C. EVALUASI
- Pengukuran pencapaian sasaran dan target kegiatan
- Mengadakan upaya peningkatan realisasi kegiatan
- Menemukan hambatan pelaksanaan program
- Menemukan solusi atas semua kesulitan selama pelaksanaan
Pengirim : Anshar
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- Meningkatkan Motivasi Siswa
- Pendidikan Inklusif dan falsafah Bangsa Indonesia
- surat
- Membentuk Budaya Literasi Siswa
- soal Penjaskes
Komentar :
Pengirim : Jorgefar -
[ldinovof@mail.ru] Tanggal : 05/05/2024 Source: - https://r7casino-888.online |
Pengirim : KennethMed -
[pebueteltsu@mail.ru] Tanggal : 04/05/2024 Source: - https://elaprendizaje.com/kraken-off-sajt.html ΠΊΡΠ°ΠΊΠ΅Π½ ΠΎΡΡ ΡΠ°ΠΉΡ |
Pengirim : GermanVucky -
[giotacount@mail.ru] Tanggal : 04/05/2024 Source: - https://esseslot.info/kraken-gidra.html kraken Π³ΠΈΠ΄ΡΠ° |
Pengirim : Brianjuile -
[guitire@mail.ru] Tanggal : 04/05/2024 Source: - <a href=https://ksshouji.com/kak-zajti-na-kraken-cherez-tor.html>ΠΊΠ°ΠΊ Π·Π°ΠΉΡΠΈ Π½Π° ΠΊΡΠ°ΠΊΠ΅Π½ ΡΠ΅ΡΠ΅Π· ΡΠΎΡ</a> ΠΊΠ°ΠΊ Π·Π°ΠΉΡΠΈ Π½Π° ΠΊΡΠ°ΠΊΠ΅Π½ ΡΠ΅ΡΠ΅Π· ΡΠΎΡ |
Pengirim : Jorgefar -
[ldinovof@mail.ru] Tanggal : 03/05/2024 Source: <a href=https://r-7-casino-space-888.ru>ΠΊΡΠΈΠΏΡΠΎΠ±ΠΎΡΡ ΠΊΠ°Π·ΠΈΠ½ΠΎ ΡΡΠ»Π΅ΡΠΊΠ° ΠΆΠΈΠ²ΠΎΠ³ΠΎ Π΄ΠΈΠ»Π΅ΡΠ°</a> |
Pengirim : KennethMed -
[pebueteltsu@mail.ru] Tanggal : 03/05/2024 Source: - <a href=https://aarcae.com/kraken-ssylka-2krnk-biz.html>kraken ΡΡΡΠ»ΠΊΠ° 2krnk biz</a> kraken ΡΡΡΠ»ΠΊΠ° 2krnk biz |
Pengirim : Jorgefar -
[ldinovof@mail.ru] Tanggal : 01/05/2024 Source: <a href=https://r7-casinovin.ru>ΠΊΡΠΈΠΏΡΠΎΠ±ΠΎΡΡ ΠΊΠ°Π·ΠΈΠ½ΠΎ ΡΠ΅ΠΉΡΠΈΠ½Π³ ΠΈΠ³ΡΠΎΠΊΠΎΠ²</a> |
Pengirim : MarcusVek -
[ldinovof@mail.ru] Tanggal : 30/04/2024 Source: - https://r7-casinospase77.ru |
Pengirim : DavidNut -
[tarafer@mail.ru] Tanggal : 30/04/2024 Source: - http://crazyporn.fun free porn xxx |
Pengirim : Jorgefar -
[ldinovof@mail.ru] Tanggal : 28/04/2024 Source: - https://r-7-casino-fun-888.ru |
Kembali ke Atas